Tak Melulu Daging, Jamur Tiram Juga Bisa Dibuat Rendang

Rendang jamur tiram.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)

VIVA – Di Sumatera Barat, rendang selalu disajikan di berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau, masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik memasak serta pilihan dan penggunaan bahan yang berbeda. Termasuk juga soal bahan dasar.

Rahasia Rendang Amboi! 5 Hal Penting Ini Wajib Diperhatikan Saat Pengolahan

Jamur tiram salah satunya. Selain daging sapi, di Sumatera Barat, saat ini juga sudah ada rendang varian baru yakni, rendang jamur tiram. Tekstur yang lembut dan rasa yang lezat, membuat rendang jamur tiram juga banyak diburu oleh para wisatawan yang berkunjung, khususnya di Kota Padang.

Neni Rahdipa dan Amalia Hafinar, dua dari sejumlah ibu-ibu yang menjalankan usaha rendang di Kota Padang menyajikan varian rendang itu di restoran Rumah Rendang yang berada di kawasan Jalan Ahmad Yani. Hidangan itu dijual seharga Rp200 ribu.

Masak Rendang Anti Ribet! Chef Rudy Bongkar Trik Masak Rendang 20 Menit

Neni Rahdipa menyebutkan, untuk mengolah jamur tiram menjadi rendang memang agak sedikit berbeda dan rumit jika dibandingkan dengan rendang daging. Hal ini disebabkan karena tekstur jamur tiram yang lebih lembut. Jika dimasak terlalu matang, rasa jamur tiram kurang enak, dan jika kurang matang juga akan menyebabkan rendang jamur tiram akan cepat basi.

"Jamur tiram dimasukkan ketika adonan santan yang dicampur bumbu rempah-rempah mengental. Hal ini supaya tingkat kematangan jamur tiram pas," kata Neni kepada VIVA, Kamis, 22 Februari 2018.

Biar Rendang, Opor dan Sayur Ketupatnya Gak Basi, Perhatikan Cara Pengolahan Santannya

Di Rumah Rendang, lanjut Neni, selain ada kemasan seharga Rp200 ribu, juga ada rendang jamur seharga Rp50 ribu dengan tingkat ketahanan hingga 6 bulan. Walau belum setenar rendang daging, namun saat ini sudah mulai banyak permintaan terhadap rendang jamur tiram, khususnya dari para wisatawan.

Neni berharap, pemerintah juga mempromosikan rendang jamur tiram seperti mempromosikan rendang daging yang saat ini sudah mendunia. Jika kelak rendang jamur tiram sudah terkenal, maka satu lagi daftar varian rendang akan banyak diburu oleh wisatawan.

ilustrasi olahraga lari.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Setelah mengonsumsi banyak makanan berlemak, jangan lupa melakukan aktivitas olahraga agar lemak-lemak yang menumpuk di tubuh bisa terbakar.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024