Awas Bakteri, Bersihkan Talenan Tak Cukup dengan Sabun Cuci

Ilustrasi talenan.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Talenan atau papan potong adalah salah satu alat terpenting di dapur, yang sering digunakan saat mempersiapkan bahan masakan. Talenan sangat sering digunakan sebagai alas memotong segala sesuatu, mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga daging. Karenanya, penting untuk menjaganya agar selalu bersih.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Sabun Cuci Piring Saja Tak Cukup untuk Membersihkan Talenan

Banyak orang yang sudah terbiasa membersihkan talenan hanya menggunakan sabun cuci piring saja. Namun, sayangnya sabun tidak cukup untuk membuat talenan tersebut tetap bersih.

Motor Jarang Dicuci, Siap-siap Rugi!

Seperti dilansir dari House Beautiful, Senin, 26 Febuari 2018, walaupun Anda sudah membersihkan talenan tersebut dengan air panas dan mengosoknya, sisa-sisa makanan dan minyak pada sisi-sisi kecil pada talenan masih ada.

Talenan

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Menurut Sarah dari Expert Home Tips menjelaskan bahwa sabun cuci piring cair tidak dapat menembus permukaan talenan dan membersihkannya secara menyeluruh, bahkan meskipun Anda menggunakan air panas.

Sarah memberikan saran, untuk membersihkan talenan secara menyeluruh, Anda membutuhkan sesuatu yang lebih kuat seperti pemutih. Caranya dengan merendam alat dapur dengan produk pemutih standar, lalu bersihkan kembali menggunakan sabun. Cara ini dinilai efektif dalam membunuh bakteri, dan menghindari perpindahan kuman dari talenan ke makanan Anda.

Berburu kuliner sudah jadi salah satu agenda anak jaman sekarang. Sudah pernah cicipi makanan enak dan legendaris di Glodok, Jakarta Barat? Cek di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya