Tergiur Kelezatan Rendang Lokan, Lebih Sehat Lho!

Rendang lokan.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)

VIVA – Bicara soal rendang, tentu saja hampir seluruh orang tahu dan sudah mencicipi seperti apa kelezatannya. Dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia, tentu saja membuat rendang semakin terkenal. Bahkan dibeberapa restauran mewah sekalipun, rendang juga disajikan sebagai menu utama.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Di kota Padang, Sumatera Barat, selain rendang daging, ayam, jamur dan beberapa varian rendang lainnya, ada satu rendang yang juga tak kalah lezat. Rendang lokan namanyanya. 

Lokan sendiri merupakan sejenis kerang yang habitatnya berada di lumpur atau muara. Lokan memiliki ciri khas bercangkang hitam, berisikan sejenis kerang berdaging tebal dan kenyal. Lokan juga mengandung beragam zat gizi.

Rahasia Rendang Amboi! 5 Hal Penting Ini Wajib Diperhatikan Saat Pengolahan

Nah, bagi Masyarakat Sumatera Barat, khususnya yang tinggal dipinggiran pantai, lokan acap kali diolah menjadi kuliner khas seperti gulai lokan, goreng balado, sate lokan dan rendang.

Khusus untuk rendang lokan, cita rasa paduan rempah-rempah dan legitnya daging lokan ini, memiliki sensasi tersendiri di lidah kala mencicipinya. Kabupaten Pesisir Selatan menjadi daerah yang paling banyak menjajakan rendang lokan.

Masak Rendang Anti Ribet! Chef Rudy Bongkar Trik Masak Rendang 20 Menit

Berada di pinggiran pantai barat Sumatera membuat pesisir selatan merupakan salah satu wilayah yang banyak menghasilkan kuliner berbahan dasar lokan. Hal ini tak lain karena nelayan setempat juga banyak mencari lokan untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Rendang lokan.

                                                    (VIVA/Andri Mardiansyah)

Amalia Hafinar, salah satu pelaku usaha rendang di Kota Padang menyebutkan, rendang lokan memang tak setenar rendang daging pada umumnya. Namun, di balik itu, rasa rendang lokan juga tak kalah lezat dengan rendang daging. Soal popularitas rendang lokan hanya menunggu waktu saja. Kini, Amalia dan pelaku usaha rendang lainnya tengah berupaya memopulerkan rendang lokan.

Untuk bahan atau bumbu rendang lokan, Amalia menyebutkan tak ada bedaya dengan bumbu rendang pada umumnya. Hanya saja ada sedikit perbedaaan karena lokan harus direbus terlebih dahulu agar dagingnya mudah dikeluarkan dari cangkangnya. Selebihnya, semua proses sama.

"Untuk bahan dasar rendang lokan, kita hanya cukup menyiapkan sejumlah bahan berupa lokan, santan, cabai merah giling, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, kemiri, serei, daun jeruk, daun salam dan daun kunyit," ucapnya kepada VIVA di Padang baru-baru ini.

Nah, bagi Anda yang ingin mencicipi seperti apa rasanya, Anda juga dapat mencari rendang lokan kemasan di toko oleh-oleh di Padang. Untuk harga, tentu saja terjangkau. Satu kilogram rendang lokan dijual seharga Rp90 ribu.

Selain lezat, rendang lokan konon lebih sehat dari rendang daging, karena kerang merupakan sumber protein hewani yang lengkap, dan mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. 

Hebatnya lagi, kemampuan tubuh mencerna protein kerang adalah sekitar 85-95 persen. Hal ini berarti kerang dapat digunakan sebagai sumber protein yang baik bagi semua kelompok usia.

Berburu kuliner sudah jadi salah satu agenda anak jaman sekarang. Sudah pernah cicipi makanan enak dan legendaris di Glodok, Jakarta Barat? Cek di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya