Laporan dari Taiwan

Intip Pembuatan si Kecil Oranye, Kumquat

Peta pabrik Kumquat
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lis Yuliawati

VIVA – Gambar buah Kumquat  tampak di ujung jalan menuju Minxiong Kumquat Factory di Chiayi, Taiwan. Tak jauh dari sana, terdapat   gapura kayu  di bagian depan gerbang pabrik. Memasuki lokasi, terlihat buah yang termasuk jenis citrus itu.

Alamnya Indah Banget, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Hingga Kulineran di Taiwan

VIVA dan sejumlah awak media lainnya mengunjungi lokasi itu, Minggu, 4 Maret 2018. Dalam pabrik tersebut, buah Kumquat diolah menjadi berbagai bentuk makanan, mulai dari yang manis hingga asin. 

Buah yang termasuk dalam jenis citrus ini berasal dari Tiongkok. Buah memiliki sifat manis di bagian kulitnya, asam di bagian dalam, serta pahit pada bijinya.

Taiwan Buka Lagi Pariwisata, Siapkan 3 Hal Ini Sebelum Berkunjung

Pabrik Kumquat di Chiayi, Taiwan

Banyak produk yang bisa dibuat dari buah ini. Di pabrik yang berdiri sejak 1960 itu pun, dibuat beragam jenis panganan dan minuman dari bahan Kumquat. Di antaranya ada manisan, permen, kue. 

Rayu Pelancong Indonesia, Taiwan Pamer Wisata Halal

Untuk membuat manisan, misalnya. Ada beberapa proses yang dilalui, antara lain buah dibersihkan lebih dulu lalu disterilisasi dengan cara merebusnya. Setelah itu, Kumquat diberi gula lantas disimpan dalam suhu 5 derajat selcius selama sekitar satu bulan. Hal itu agar gula meresap ke dalam buah.

Buah Kumquat di Chiayi, Taiwan

Sementara untuk membuat kue, adonan kue tinggal diberi buah Kumquat yang telah diolah menjadi manisan. Adapun untuk menghasilkan jenis yang asin, Kumquat diberi ramuan rempah- rempah China.

Produk-produk olahan itu tak hanya dijual di Taiwan tapi juga diekspor, antara lain ke Kanada. (ren)

Jadi laper lihat berita di atas, wisata kuliner yuk! Ternyata banyak makanan halal, nikmat, dan legendaris di kawasan pecinan di Glodok. Ada lho 3 tempat yang kudu jadi tujuan! Cek saja di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya