Cara Mudah Buat Selai Kumquat

Buah Kumquat di Chiayi, Taiwan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lis Yuliawati

VIVA – Ada beragam selai buah yang dijual di pasaran. Satu di antaranya selai dari buah Kumquat. Buah yang termasuk dalam citrus ini berasal dari Tiongkok.

Alamnya Indah Banget, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Hingga Kulineran di Taiwan

Buah berbentuk kecil-kecil dan berwarna oranye. VIVA dan sejumlah awak media sempat mengunjungi Minxiong Kumquat Factory di Chiayi, Taiwan, Minggu, 4 Maret 2018.  

Pemandu di pabrik itu mengajak kami untuk mencoba membuat selai Kumquat. Ternyata, caranya sangat mudah. Anda pun bisa mencobanya di rumah. Anda cukup menyediakan Kumquat, gula dan air. Untuk 100 gram Kumquat diperlukan 60 gram gula.  

Taiwan Buka Lagi Pariwisata, Siapkan 3 Hal Ini Sebelum Berkunjung

Pembuatan selai buah Kumquat di Chiayi, Taiwan

Pertama, Kumquat ditekan hingga keluar airnya. Air perasan Kumquat itu disisihkan. Kemudian Anda keluarkan biji dari buah itu. Sebab, biji tersebut pahit. Sedangkan bagian dalam Kumquat yang bersifat asam dan bagian kulit yang terasa manis tetap dipakai.

Rayu Pelancong Indonesia, Taiwan Pamer Wisata Halal

Usai biji dikeluarkan, rebus Kumquat dalam air secukupnya. Ketika Kumquat sudah mendidih, tunggu waktu satu menit lagi kemudian Kumquat diangkat.

Setelah itu, air rebusan dibuang. Kumquat lantas diblender bersama perasan air dari buah tersebut. Setelah diblender, Kumquat dimasak kembali. Lalu dimasukkan gula ke dalamnya dan diaduk-aduk. Setelah mendidih kecilkan api dan tunggu hingga tujuh menit. Lalu matikan api. Usai itu, selai Kumquat siap disantap.

Selai tersebut terasa segar  lantaran perpaduan manis dan asam. Sebaiknya, selai Kumquat disimpan di lemari es dan dapat bertahan selama tiga minggu. (ren)

Jadi laper lihat berita di atas, wisata kuliner yuk! Ternyata banyak makanan halal, nikmat, dan legendaris di kawasan pecinan di Glodok. Ada lho 3 tempat yang kudu jadi tujuan! Cek saja di video ini.


 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya