Tips Menjaga Stamina ala Sudirman Said, Minum Jamu

Sudirman Said menikmati jamu beras kencur.
Sumber :
  • VIVA/Dwi Royanto (Semarang)

VIVA – Padatnya aktivitas politik dengan berkeliling Jawa Tengah, membuat calon gubernur Sudirman Said harus pandai mengatur dan menjaga stamina. Salah satu kunci sehatnya ternyata adalah dengan rajin minum minuman tradisional Indonesia, yakni jamu.

Sudirman Said Ungkap Timnas Amin Siap Gugat Hasil Pemilu 2024 ke MK

Sudirman justru memilih minum jamu tradisional untuk tetap fit selama beraktivitas. Jamu pilihan Sudirman adalah beras kencur.

Usai menjalani salat subuh di salah satu masjid di Banyumanik Semarang, Rabu, 7 Maret 2018, calon gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat setempat. Seperti biasa, usai sarapan soto kesukaannya, ia lalu memesan jamu di pedagang setempat.

Sudirman Said soal Rencana Pertemuan JK-Megawati: Itu Pribadi, Kita Tak Bisa Cawe-cawe

"Jamu bu, satu. Jamu tolak korupsi ada enggak Bu?" canda Sudirman.

"Beras kencur nggih setunggal," katanya menambahkan.

Timnas Amin: Kekuasaan Berpeluang Corrupt, Kalah Jadi Penyeimbang

Salah satu penjual yang tidak menduga kehadiran tokoh pembongkar kasus papa minta saham itu sempat terdiam beberapa saat. Perempuan paruh baya itu tak menduga jamunya dipesan oleh calon gubernur yang berpasangan dengan Ida Fauziyah itu. Ia pun dengan sigap langsung meracik jamu pesanan Sudirman.

Bagi Dirman, sapaan Sudirman, dengan meminum jamu, staminanya tetap terjaga setiap saat. Apalagi, saat ini jadwalnya mulai pada untuk road show ke beberapa kota. Selain itu, menjaga semangat dan niat untuk sehat adalah yang utama.

"Rutin minum jamu, biasanya seminggu sekali, dan lebih suka yang diracik langsung seperti ini," kata Dirman.

Penjual jamu di pasar tersebut tersebut memang meracik secara manual, dari kunyit asam, beras kencur, temulawak, brotowali dan lainnya.

"Kalau beras kencur memang cocok untuk menjaga badan agar tetap kuat. Untuk mengatasi capek-capek," kata pria mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya