Bikin Festival, Bekasi Datangkan 150 Kg Jengkol

Semur jengkol.
Sumber :
  • Cookpad/Irine

VIVA – Kota Bekasi bakal menggelar Festival Jengkol Indonesia, pada 23-25 Maret 2018 mendatang. Tak tanggung-tanggung jengkol yang akan didatangkan sebanyak 150 kilogram. Pasalnya, dalam acara itu juga akan mencari raja dan ratu jengkol. 

Hati-hati, Jengkol Dilarang Konsumsi untuk Orang yang Memiliki Penyakit Ini

"Sebanyak 150 kilogram jengkol akan datang ke Kota Bekasi untuk dijadikan menu festival jengkol," kata Ketua Panitia Festival Jengkol Indonesia, Kamila kepada VIVA, Jumat, 9 Maret 2018.

Kamila menjelaskan, jengkol yang di akan diolah oleh sejumlah UKM dalam festival ini bukan jengkol mentah, melainkan jengkol olahan. Seluruhnya didapat dari Sumatera, Bengkulu, dan Jepara. Termasuk ada juga UKM yang berasal dari Malaysia dan Singapura. "Jengkol yang dari Bekasi sendiri belum ada, karena memang kalah dengan jengkol dari luar kota," ujarnya.

Bahaya Konsumsi Jengkol Berlebihan, Benarkah Bisa Berisiko Gagal Ginjal?

Donat Jengkol

Nantinya, kata dia, acara itu akan menyajikan makanan berbahan jengkol seperti steak jengkol, burger jengkol, jengkol fantasia, jengkol crispy, jengkol rawon, jengkol semur, jengkol rendang, kerupuk jengkol, sumpia jengkol, cireng jengkol, bakso jengkol, liwet jengkol, nasi bakar jengkol, dan jengkol pepes.

Viral Video Bocah Laki-laki Lahap Makan Jengkol Goreng, Auto Bikin Ngiler

Festival jengkol ini, kata Kamila, merupakan bentuk keprihatin dengan makanan khas Indonesia. Sebab, jengkol sudah banyak diminati oleh seluruh lapisan masyarakat. Dia mengkhawatirkan bila makanan khas ini hilang akan diklaim oleh Malaysia dan Filipna. "Karena kedua negara itu sudah banyak yang memakan jengkol," paparnya.

Dia berharap, usai melaksanakan rangkaian festival pemerintah bisa mempatenkan makanan tersebut. Apalagi, dalam festival yang akan di gelar di Bekasi Trade Center MALL di Jalan Joyomarto Bekasi Timur itu bisa dilirik oleh pemerintah daerah.

Laper lihat liputan di atas? Ini nih tiga tempat rekomendasi yang legendaris dan enak banget deh! Cek di bawah ini yaa..

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya