Rahasia Kentang Goreng Tetap Renyah Saat Dipanaskan Kembali

Kentang goreng.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Serba salah saat Anda memiliki sisa kentang goreng di rumah. Coba saja panaskan dengan langsung menggorengnya, hasilnya adalah kentang goreng dengan tekstur keras yang sudah tak nikmat lagi untuk disantap.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Memanaskannya di dalam microwave juga hanya akan membuat kentang goreng menjadi lembek, bahkan hancur. Padahal kelezatan kentang goreng terletak pada teksturnya yang renyah.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena seorang juru masak dari The Real Food cafe di Stirlingshire, Inggris, Magda Ganea berbagi rahasia memanaskan kentang goreng yang tepat.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Ia adalah wanita yang berhasil mendapat juara kedua di National Fish and Chip Awards 2018 di Drywite Inggris dan pernah dinobatkan sebagai Young Fish Frier of The Year dalam sebuah kontes di Skotlandia.

"Alasan terbesar kentang goreng menjadi lembek saat dipanaskan adalah kelembapan. Kentang mengandung cairan yang banyak, dan cairan tadi keluar ketika dipanaskan, terutama ketika Anda menggunakan microwave atau oven, di mana uap air tak bisa keluar," ujarnya dikutip dari Metro.co.uk, Selasa, 13 Maret 2018.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Kentang goreng.

Meski begitu, ia mengatakan bahwa sangat mungkin untuk memanaskan kentang goreng dengan hasil yang baik seperti saat kentang baru pertama kali digoreng.

"Pikirkan saja ini seperti menggoreng dua kali. Sisa kentang goreng harus didinginkan secepat mungkin dan diletakkan di dalam lemari es dengan penutup yang tidak begitu rapat. Jika ditutup dengan rapat akan menyebabkan pertumbuhan bakteri," ucapnya.

Ia lantas melanjutkan, Anda harus memastikan sisa kentang goreng kering terlebih dahulu sebelum dipanaskan. Gunakan kertas tisu dapur untuk mengeringkannya atau gunakan garam untuk mengeluarkan kadar air di dalamnya.

"Lalu goreng di dalam wajan dengan menggunakan metode deep fry. Anda juga bisa menggorengnya di wajan dengan sedikit minyak," katanya.

Menurutnya, memanaskan kentang goreng dengan cara dibakar juga sah-sah saja. yang penting, pastikan Anda membaliknya secara rutin agar tidak gosong. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya