Segarnya Sayur Ikan Kuah Kuning Khas Pulau Kei

Sayur Ikan Kuah Kuning
Sumber :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

VIVA – Kepulauan Kei, Maluku terkenal sebagai penghasil ikan. Tak heran dalam setiap menu makan masyarakat di pulau ini, selalu tersedia hidangan ikan.

7 Resep Olahan Ikan Ala Rumahan, Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas

Mulai dari ikan Sakuda, Kakap Merah, hingga ikan Baronang, selalu diolah dalam keadaan masih segar. Biasanya masyarakat di Pulau Kei, mengolah hasil laut ini jadi ikan bakar. Mungkin untuk para pelancong yang datang ke pulau tersebut mencicipi ikan bakar sudah biasa. Namun, ada olahan khas di pulau ini yang diolah dari ikan. Yakni, sayur ikan kuah kuning.

Rasanya sangat segar, karena diolah dengan tambahan beelimbing sayur. Saat VIVA berkunjung ke Pulau Kei, 14-17 Maret 2018 lalu lewat program Press Tour Maluku Tenggara bersama Kementrian Pariwisata, menu ikan kuah kuning ini menarik perhatian.

Korban Tewas Kapal Karam di Maluku Lima Lansia dan Seorang Balita

Karena tergoda dan tertarik untuk membuat menu ini di rumah, VIVA pun sempat meminta resep cara membuat hidangan lezat dengan rasa segar ini. Resep ini pun berhasil kami dapat dari dua orang ibu. Yakni, Kepala Seksi Sumber Daya Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara, Alo Jaflean dan Kasubag Umum Kepegawaian Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara, Ado Jaftoran. Keduanya, memberikan resep lezat turun-temurun orang Kei itu pada VIVA.

Sayur Ikan Kuah Kuning

1 Penumpang Kapal Tenggelam di Maluku Ditemukan, Total 6 Orang Tewas

Sayur Ikan Kuah Kuning

Bahan:
Ikan segar, bisa ikan Kakap Merah, Baronang, Kerapu dan lainnya. Sebelum di masak dan setelah dibersihkan, ikan di beri perasan jeruk nipis

Bumbu:
Batang Sereh
Bawang Merah
Bawang Putih
Kemiri
Tomat
Kunyit
Cabai Merah
Belimbing Sayur
Daun Kemangi

Cara Membuat
1. Haluskan bumbu: bawang putih, bawang merah, cabai, kemiri, kunyit. Lalu ditumis ditambahkan sereh

2. Bumbu yang ditumis, dibalurkan pada bagian tubuh ikan, lalu dimasak.

3.Ikan yang dimasak bersama bumbu, lalu diberi air sesuai selera, dan beri bumbu masak seperti garam juga penyedap. Tunggu sampai ikan matang

4. Masukkan irisan tomat dan juga daun kemangi. Sayur ikan kuah kuning, siap disajikan.

Untuk menikmati hidangan ikan ini, biasanya orang khas pulau Kei menikmatinya dengan embal atau bisa juga dimakan dengan menggunakan ubi. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya