Jalangkote Khas Makassar Kini Ada Versi Hitamnya Lho

Jalangkote hitam.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Yasir

VIVA – Pecinta jajanan pasti sudah tahu jika kuliner masa kini makin beragam. Berbagai kuliner unik yang menggunakan warna-warna tak biasa pun menjadi tren, termasuk kuliner warna hitam.

Bocah Penjual Jalangkote Dapat Kado Motor Listrik

Kuliner berwarna hitam memang bisa dibilang sudah sangat banyak, ,ulai dari martabak, pempek Palembang, bakso, dim sum, burger hingga es krim. Namun, siapa sangka jika kuliner tradisional Indonesia lainnya, yakni jalangkote juga bisa dibuat menjadi berwarna hitam pekat.

Ialah jalangkote olahan Dapur Hoki milik Lidya Honoris yang sengaja dibuat berwarna hitam. Bukan karena digoreng sampai gosong, tapi jalangkote yang umumnya berwarna coklat keemasan itu diberi tambahan zat arang aktif dari Jepang.

Waduh, Aksi Bully Bocah Penjual Jalangkote Disoroti Situs Malaysia

Sekilas jalangkote bentuknya mirip dengan pastel. Isinya pun kurang lebih sama. Perbedaannya hanya pada tekstur kulit. Pastel lebih tebal. Cara makannya juga berbeda. Masyarakat Makassar umumnya menikmati jalangkote dengan saus pedas, Sementara pastel biasa dimakan dengan cabai rawit.

Jalangkote hitam.

Jalangkote, Camilan Khas Makassar untuk Takjil Ramadhan

(VIVA/Muhammad Yasir)

"The black jalangkote ini sama dengan jalangkote biasa pada umumnya, cuma yang spesialnya ini pakai bahan arang Jepang. Sangat berguna untuk tubuh sebagai detoksifikasi dan membuang racun pada tubuh," ucap Lidya kepada VIVA, Senin, 19 Maret 2018.

Selain Jalangkote, kata dia, arang Jepang bisa juga dipakai untuk bahan dasar pembuatan roti, bakso, mi dan berbagai olahan tepung yang lain. Untuk mendapatkan arang Jepang, Lidya biasanya memesan khusus dengan harga sekira Rp400 ribu per kilogram.

Wanita yang sudah memulai usaha kuliner sejak empat tahun lalu itu mengungkapkan, setiap hari ia mampu memproduksi 80 buah jalangkote hitam. Jika ada pemesanan khusus, produksi bisa lebih banyak lagi.

"Jadi sehari tidak menentu, kadang kirim ke luar kota yang jaraknya maksimal enam jam. Kalau enggak ada pesanan ke luar kota, paling sekitar 80 biji saja pe rharinya," ujarnya.

Untuk proses pembuatan jalangkote hitam sendiri tak jauh beda dengan pembuatan jalangkote Makassar pada umumnya. Hanya saja adonan kulit luarnya diberi satu sendok arang Jepang.

Jalangkote hitam.

(VIVA/Muhammad Yasir)

Proses penggorengan pun sama, kecuali untuk penyimpanan adonan siap goreng. Adonan jalangkote hitam yang siap goreng tidak bisa dimasukkan ke dalam kulkas.

"Meskipun hanya beberapa jam, tidak boleh masuk kulkas. Soalnya kulitnya kalau dingin akan keras banget. Jadi harus fresh sekali, begitu sudah di bungkus harus langsung digoreng," kata dia.

Untuk pemasaran, Lidya memanfaatkan beragam media sosial. Jalangkote hitam itu dijual Rp5 ribu per buah dan Lidya hanya melayani pembelian minimal 10 buah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya