Yummy, Nikmati Rendang ala Vegetarian Super Lezat

Rendang Ubi
Sumber :
  • Viva.co.id/Andri Mardiansyah

VIVA – Rendang, siapa yang tak suka! Kuliner khas Sumatra Barat ini namanya juga sudah mendunia. Bahkan beberapa media besar dunia menyebut Rendang sebagai salah satu makanan terenak di dunia.

Resep Rendang Daging Khas Lebaran, Cocok Disantap Bersama Keluarga Besar

Biasanya rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak lama dengan santan kelapa dan rempah-rempah khas Minang. Namun apa jadinya jika daging yang digunakan pada bahan dasar rendang diganti menjadi singkong dan ubi?

Rendang ubi singkong namanya. Cita rasa rendang yang khas berpadu dengan renyahnya ubi dan singkong yang digoreng sedikit kering.

Hidangan Istimewa untuk Idul Fitri ada Opor Ayam Hingga Rendang, Ini Resepnya

Kreasi rendang singkong dan ubi ini bisa Anda temui di beberapa rumah makan Minangkabau di Sumatra Barat. Meski berbahan dasar singkong dan ubi, namun rasa rendangnya tetap terasa.

Rendang Ubi Singkong

Gampang Banget! Cara Mengolah Rendang Daging yang Lezat Ala Anak Kos

Ada dua varian rendang ini yakni, rendang singkong yang dicampur dengan daging sapi, dan murni rendang ubi singkong. 

Rasanya keduanya pun tak jauh berbeda karena, menggunakan bahan dan bumbu yang sama. Hanya saja, khusus untuk rendang ubi singkong cara pengolahannya sedikit berbeda karena, tekstur singkong dan daging berbeda.

Bagi yang ingin bereksperimen di rumah, cukup menyediakan beberapa bahan dasar berupa daging sapi segar, ubi singkong, santan murni, bawang merah, bawang putih, jahe yang sudah ditumbuk, lengkuas, daun salam, daun Jeruk dan daun kunyit.

Awal mula, baik daging sapi maupun singkong dicuci hingga bersih. Khusus singkong, usai dikupas dan dicuci bersih, lalu tiriskan, kemudian potong dadu serta rendam dalam air bersih beberapa menit.

Lalu, campur bumbu rempah di atas dan dimasak hingga mendidih. Setelah sudah kelihatan berminyak, lalu masukkan daging segar dan aduk secara perlahan. Sekitar 30 menit kemudian, singkong yang sudah di potong dadu tadi, dimasukkan ke dalam wajan berisi seluruh bahan, lalu aduk hingga rata. 

Rendang

Setelah rendang sudah berubah warna agak kecokelatan, kecilkan api dan tetap aduk merata hingga keseluruhan bahan kering dan berubah agak kehitaman. Setelah dianggap sudah kering, angkat lalu pindahkan ke mangkuk atau piring, daging sapi dan ubi singkong siap disantap.

Menyerapnya seluruh bumbu ke pori-pori singkong, membuat singkong menjadi lebih crispy ketimbang kalau digoreng atau dicampur dengan tepung dan bumbu lain. Jadi, selain cita rasa tinggi, rasa crispy singkong akibat rembesan bumbu rempah rendang ini, membuat lidah menjadi manja.

Nah, bagi Anda yang berkunjung ke Sumatera Barat, selain beberapa rumah makan ampera yang menyajikan, juga terdapat di warung oleh-oleh. Harganya pun terjangkau, bahkan daya tahan rendang yang bisa sampai tiga bulan, pas dijadikan oleh-oleh.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya