Polemik Rendang Crispy Dimanfaatkan KFC untuk Promosi

Ayam goreng KFC.
Sumber :
  • Instagram @kfcmalaysia

VIVA – Jika empat negara di Asia Tenggara, yaitu Malaysia, Indonesia, Brunei Darussalam dan Singapura ramai-ramai membela rendang, lantaran komentar ngaco juri MasterChef Inggris, KFC Malaysia justru memanfaatkan momen ini sebagai peluang promosi.

Sentra Rendang Bakal Jadi Ikon Wisata Kuliner Baru di Kota Padang

Ya, baru-baru ini, dua orang chef selebriti yang menjadi juri MasterChef Inggris, John Torode dan Gregg Wallace melontarkan komentar aneh tentang rendang ayam buatan salah satu kontestan berdarah Malaysia, Zaleha Kadir Olpin. Mereka menganggap rendang tersebut kurang lezat karena bagian kulitnya tidak crispy alias renyah.

Karena itulah banyak yang mengkritik kedua chef tersebut dan mengatakan bahwa memang sudah seharusnya rendang ayam bertekstur lembut dan empuk. Dua chef itu pun dituding tidak pantas menjadi seorang masterchef karena pengetahuan mereka di dunia kuliner dianggap terbatas, yakni hanya mencakup kuliner yang menjadi budaya mereka saja.

Viral Video Wanita Masak Daging Rendang Pakai Bodrex

Baca: Komentari Rendang, Chef Asal Inggris Di-bully Warganet

Baca: 4 Negara Ramai-ramai Lakukan Aksi Bela Rendang

Arief Muhammad Review Masakan Padang Rp1,8 Juta di Maldives, Gimana Rasanya?

Banyak juga warganet yang mengatakan di media sosial bahwa rendang ayam bukanlah ayam KFC yang punya tekstur renyah. Tentu saja hal tersebut tidak disia-siakan restoran cepat saji asal Amerika Serikat tersebut. Mereka langsung membuat iklan baru dan mengunggahnya di akun media sosial resmi mereka.

Iklan tersebut terdiri dari foto satu bucket ayam goreng dengan latar belakang api dan tulisan di atasnya 'Not Rendang' atau 'Bukan Rendang'. Mereka juga menambahkan caption yang terbilang cukup catchy di keterangan foto.

"Satu-satunya hal yang seharusnya renyah adalah ayam goreng kami," demikian tulis KFC Malaysia.

Sebagai informasi, dalam episode terbaru ajang pencarian bakat memasak MasterChef Inggris, Zaleha menyajikan hidangan nasional Malaysia, nasi lemak dengan rendang ayam sebagai salah satu lauknya. Gara-gara kulit rendang ayam tidak renyah, Zaleha pun dieliminasi.

"Saya suka rasa rendang, ada manisnya kelapa. Namun, kulit ayamnya tidak renyah. Ini tidak bisa dimakan dan seluruh sausnya ada di atas kulitnya, jadi saya tidak bisa memakannya," ujar Wallace saat mengomentari hidangan buatan Zaleha.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad juga sempat mengomentari polemik ini dengan mengatakan, "Mungkin Anda bingung membedakan rendang ayam dengan KFC.”

Baca: PM Malaysia Ikut Bela Rendang Ayam yang Dikritik Chef Bule

Para pengguna media sosial juga banyak yang memuji KFC karena jeli melihat peluang iklan dalam kasus rendang ini.

"Bravo KFC! Dan ya, ayam goreng kamu adalah yang paling renyah! #kamitidakmaurendangrenyah #hanyaKFCrenyah," ujar salah satu warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya