Tips Membeli Daging Sapi yang Segar dan Berkualitas

Daging sapi.
Sumber :
  • Pixabay/cegoh

VIVA – Memilih daging sapi segar dengan kualitas terbaik memang tidak mudah, terutama bagi orang awam. Karenanya masih banyak yang membeli daging sapi yang kualitasnya sudah tidak optimal.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Padahal ada beberapa cara untuk memilih daging sapi dengan kualitas yang terbaik. Menurut chef asal Amerika Serikat, John Wingerstadt, Anda harus memerhatikan beberapa hal saat membeli daging sapi di pasar atau supermarket.

"Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti warna, tekstur, aroma, pola lemak daging dan asal daging tersebut,” ucapnya saat ditemui oleh VIVA di acara Kedutaan Besar AS di Hotel Hermitage, Jakarta, Kamis malam, 5 April 2018.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Lebih lanjut, John menjelaskan daging sapi segar memilih warna merah terang, sedangkan daging sapi yang sudah tidak segar memiliki warna merah gelap kecoklatan. Daging sapi segar juga memiliki tekstur yang kenyal dan fleksibel, sehingga ketika disentuh, daging tersebut tidak akan terasa keras.

Ilustrasi daging merah.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah pola lemak daging yang terdiri yang terlihat seperti guratan lemak berwarna putih berbentuk kotak-kotak seperti marbel.

"Semakin terlihat jelas pola marbel dari lemak pada daging, maka daging tersebut memiliki kualitas yang baik. Teksturnya pun akan lebih kenyal dan lezat," ujarnya.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah asal dari daging tersebut. Menurut John, daging yang sudah memiliki sertifikat tentu saja punya kualitas yang baik. Sebagai informasi, saat ini beberapa negara sudah memiliki sertifikat daging sapi terbaik, salah satunya adalah daging asal AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya