Tiga Oleh-oleh Khas Medan Wajib Bawa Pulang

Durian Ucok
Sumber :
  • VIVA/Diza Liane Sahputri

VIVA – Kota Medan kini sudah menjadi salah satu destinasi populer di Indonesia karena pembangunannya yang sudah berkembang sangat pesat. Terbukti dengan megahnya Bandara Kualanamu, transportasi railink yang nyaman, serta perkembangan kotanya yang semakin metropolitan.

Memek, Gutel Genapkan Warisan Budaya Tak Benda di RI

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Medan tanpa membawa oleh-oleh khas daerah tersebut. Apalagi, ibu kota Sumatera Utara ini memiliki deretan kuliner lezat yang wajib dibawa pulang ke kota asal Anda.

Kota Medan memiliki ciri khas makanan yang tidak boleh dilewatkan untuk dicicipi. Berikut tim VIVA berhasil merangkum deretan oleh-oleh Kota Medan yang wajib dibawa pulang.

Parende, Sepotong Kakap Wakatobi Pengusir Flu

1. Durian Ucok

Durian BB Park, Malaysia.

Mengenal Gutel, Panganan Khas Gayo Saat Berburu

Aroma buah durian yang khas akan tercium saat Anda datang di depan pintu masuk tempat ini. Ditambah, tumpukan buah durian yang menggunung akan menjadi pemandangan yang sulit terlupakan dari tempat legenda ini.

Anda bisa mulai mencicipi buah durian dengan berbagai ukuran, mulai dari yang kecil dengan isi satu biji durian hingga ukuran besar, yang bisa untuk berbagi dengan empat orang. Untuk yang ingin membawa pulang buah duriannya, Anda bisa meminta staf di situ untuk membungkusnya di wadah yang disediakan khusus untuk dibawa pulang ke luar kota Medan.

Selain itu, di sini Anda bisa mendapatkan pancake durian yang juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas Medan. Tak ketinggalan, jajanan teri Medan juga bisa dibeli di tempat yang sudah berdiri sejak 25 tahun silam.

Alamat: 
Jalan Wahid Hasyim No. 30-32, Babura, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara

2. Bika Ambon Zulaikha

Bika Ambon.

Meski namanya Bika Ambon, kue ini merupakan khas dari Medan. Tak sedikit masyarakat Tanah Air yang ketagihan dengan kue kenyal nan mengenyangkan ini.

Rasanya yang legit membuat kue ini selalu dikangeni oleh banyak orang. Berbagai varian rasa ditawarkan mulai dari keju, panda, hingga durian. Pilihan ukurannya ada yang kotak kecil dan kotak besar dengan kisaran harga Rp30 ribu sampai Rp60 ribu.

Selain kue bika ambon, di tempat yang sudah berdiri sejak 20 tahun silam ini juga tersedia oleh-oleh khas lainnya seperti teri medan, tauco medan, kue bolu gulung medan, kopi bubuk medan, dan sebagainya.

Alamat Bika Ambon Zulaikha:
Jalan Mojopahit No.70 A-C, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

3. Napoleon

Kalau kue satu ini sudah pasti sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Kue kekinian milik salah satu artis Indonesia, Irwansyah, memiliki daya tarik tersendiri.

Varian rasanya yang menggugah selera, mulai dari rasa keju hingga durian, serta kelembutan kue khasnya, membuat pengunjung ketagihan dengan Napoleon. Harganya juga cukup terjangkau mulai dari Rp60ribu sudah bisa mencicipi kelezatan Napoleon.

Alamat Medan Napoleon:
Jalan Wahid Hasyim No.46 / 35, Babura, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya