Mencicip Lontong Sayur Medan dengan Tiga Kuah Khas

Lontong sayur Medan
Sumber :
  • VIVA/ Diza Liane Syahputri

VIVA – Indonesia memiliki ragam kuliner khas yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Salah satunya, lontong sayur. Setiap daerah, punya cita rasa lontong sayur yang berbeda. Termasuk di kota Medan.

4 Resep Lontong Sayur Gurih dan Nikmat dalam Berbagai Versi

Meski sekilas nampak mirip dengan lontong sayur pada umumnya, namun di Medan yang menjadi ciri khas, lontong sayurnya menggunakan bihun dengan sedikit sayuran, telur balado, teri dan kacang, serta ketupat. Kemudian, disiram tiga kuah khas yakni kuah lodeh berisi wortel dan buncis, kari ayam, serta tauco.

Lontong sayur Medan

5 Resep Lontong Sayur Untuk Rayakan Cap Go Meh, Praktis dan Gurih

"Lontong sayur biasanya dinikmati saat sarapan. Makanan khas Medan ada kuah santan yang memang wajib ada," ujar salah seorang penjual lontong sayur Medan, Rini.

Tak hanya memberi rasa kenyang tahan lama, perpaduan tiga jenis kuah lontong sayur tersebut memberi sensasi gurih yang berbeda. Adanya sedikit rasa pedas dan asin dari ikan teri, membuat seporsi lontong sayur ini semakin menggugah selera. Tak lupa, ditutup dengan kerupuk merah putih ala kota Medan.

Nenek Sedang Sarapan Lontong Sayur Tewas Dihantam Truk
Resep Simple Lontong Sayur Pepaya Muda Untuk Perayaan Lebaran

Resep Simple Lontong Sayur Pepaya Muda Untuk Perayaan Lebaran, Wajib Dicoba Nikmatnya!

 Lontong sayur adalah salah satu ikon kuliner terkenal di Indonesia  yang identik dengan perayaan Hari Raya Idulfitri dan Iduladha. 

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024