8 Tren Milenial dalam Industri Kuliner

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA – Era digital erat kaitannya dengan generasi langgas atau milenial. Generasi usia 18-34 tahun itu hidupnya sangat dipengaruhi oleh teknologi digital. Di Indonesia, menurut data tahun 2017, jumlah generasi milenial mencapai 81 juta jiwa dari total penduduk Indonesia yang berjumlah 262 juta orang. Jadi jangan heran jika saat ini digital marketing marak dilakukan oleh para pelaku usaha.

Program Petani Milenial Kaltim Diluncurkan untuk Ketahanan Pangan IKN

Dian Marsi, Digital Marketing Lead, Unilever Food Solutions mengungkapkan beberapa hal tentang generasi milenial. Pertama, mereka ada di mana-mana, mulai dari di universitas,kantor atau lingkungan rumah. Mereka juga punya latar belakang yang beragam. Kaum milenial juga suka dengan content yang autentik.

"Generasi milenial online 24 jam. Mereka melakukan transaksi dari ponsel untuk memesan hotel, tiket pesawat dan membeli berbagai produk. Mereka juga berinteraksi dengan produk yang diminati melalui media sosial," ujar Dian saat ditemui VIVA dalam workshop bertajuk 'Teknik Pemasaran di Era Modern' baru-baru ini.

Mau Kaya di Usia Muda? Ini Tips Jitu untuk Milenial dan Gen Z

Anak milenial juga senang dengan produk yang dipromosikan dengan cara berkolaborasi dengan produk lain. Misalnya, Anda menjual produk kue dan mempromosikannya dengan cara mengombinasikannya dengan minuman, seperti teh atau kopi. Mereka cenderung lebih percaya dengan metode tersebut dibandingkan dengan kampanye hard-selling.

Ayam Geprek.

Survei LPI, Mayoritas Gen Z dan Milenial Tidak Setuju PDIP dan Gerindra Berkoalisi

Tak hanya itu, Dian pun membeberkan delapan tren kaum milenial yang berkaitan dengan industri kuliner, berdasarkan riset yang dilakukan oleh Unilever Food Solutions. Berikut ini di antaranya.

1. Kuliner tanpa batas

Generasi milenial ternyata tak hanya gemar kuliner otentik. Mereka juga terbuka dengan inovasi-inovasi kuliner, seperti fusion atau kombinasi antara dua kuliner atau lebih yang menghasilkan sebuah kreasi makanan baru.

2. Otentik, lokal dan bergaya modern

"Milenial juga bangga dengan selera lokal yang berpotensi untuk mendunia. Ada nation pride-nya tersendiri. Kayak isu kemarin, tentang rendang crispy. Mereka dengan bangga mengatakan bahwa rendang yang punya Indonesia," ucap Dian.

3. Mencari tempat bergaya santai nan modern

Mereka umumnya juga lebih suka berkumpul dengan kelompok mereka di tempat yang santai dan modern, dibandingkan tempat yang kaku seperti restoran fine dining atau yang kelewat high class seperti lounge. Tentu saja mereka juga lebih memilih tempat kongko yang punya fasilitas wi-fi.

4. Keingintahuan yang tinggi terhadap makanan, lebih dari rasa

Generasi milenial bukan cuma suka kulineran karena mencari cita rasa yang lezat. Mereka juga mencari hal-hal yang menarik dari cerita di balik kuliner tertentu atau hal yang menggugah sensori.

Roti Thailand Bun & Go.

5. Makan apa saja, kapan saja

Ini dilakukan baik itu dengan cara takeaway, delivery atau pun pesan online.

6. Penuh kontrol terhadap apa yang dikonsumsi

Kaum milenial juga tak hanya sekadar mencari makanan enak, tapi mereka juga mencari menu sehat, yang gluten free. Mereka akan berusaha mencari tahu tentang kuliner yang diinginkan, seperti halal atau tidak dan mereka akan membaca kemasan dengan seksama.

7. Mendukung produk dengan visi

Visi misi sosial kini menjadi pertimbangan kaum milenial dalam memilih produk. "Contohnya kedai kopi Amerika yang sekarang mulai memasang iklan karena terusik dengan menu es kopi susu milik sejumlah kedai kopi lokal yang harganya Rp20 ribu. Itu karena kedai kopi lokal menggunakan kopi Indonesia dan produk mereka punya visi," kata Dian menjelaskan.

8. Offline-online

Sudah menjadi kebiasaan anak milenial untuk meneruskan pengalaman yang didapat secara offline ke online dan sebaliknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya