Tips Membuat Salad yang Bukan Cuma Enak, Tapi Bikin Kenyang

Salad.
Sumber :
  • VIVA/Diza Liane Sahputri

VIVA – Salad biasanya dianggap sebagai makanan ringan yang tidak mengenyangkan. Padahal, dengan pilihan tepat, seporsi salad bisa membuat rasa kenyang lebih tahan lama.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Kathy Tanujaya, Ahli Nutrisi di Greenery, menjelaskan bahwa untuk mendapatkan seporsi salad yang lezat dan mengenyangkan, membutuhkan pemilihan bahan yang tepat. Apalagi, Kathy menegaskan perlunya komposisi salad yang lebih dari tiga jenis.

"Sedikitnya 8 bahan ada di seporsi salad. Sayuran jangan hanya satu warna, karena tiap warna sayuran memiliki fungsi yang berbeda untuk tubuh. Pola pikir kita juga harus dibentuk bahwa sayuran merupakan karbohidrat kompleks yang bisa mengenyangkan," ujar Kathy kepada VIVA, Rabu, 11 April 2018.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Caesar salad.

Setelah memasukkan karbohidrat yang berasal dari sayur mayur, dikatakan Kathy, seporsi salad membutuhkan protein, sedikitnya sebanyak 25 gram. Pilihan jenis protein yang digunakan pun bisa beragam.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

"Bisa memilih daging sapi dan daging ayam. Tapi kalau memang vegetarian, bisa pilih tempe dan tahu. Porsi yang seimbang itu bisa membuat tubuh mendapatkan serat yang tepat, juga nutrisi yang seimbang," jelas Kathy.

Untuk saus salad, Kathy menyarankan agar bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami. Sebisa mungkin, Kathy menjelaskan agar tidak menggunakan kuning telur di dalam kandungan saus tersebut.

"Seperti kita ingin ada rasa manis, bisa dari mapple syrup yang 100 persen tanpa gula. Rasa gurih bisa dari bumbu-bumbu yang kaya dari Indonesia, enggak melulu harus pakai garam," terang Kathy. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya