Masakan Tetap Gurih Tanpa Micin, Pakai Bumbu Ini

Nasi goreng.
Sumber :
  • Pixabay/2015kate

VIVA – Monosodium Glutamat atau dikenal dengan MSG sudah memberi rasa khas gurih di lidah yang bikin ketagihan. Namun, pemakaian MSG atau micin yang berlebihan, membuat kesehatan tubuh terancam.

Ketahui 5 Dampak Buruk Terlalu Banyak Mengonsumsi Mie Instan Saat Sahur

Untuk itu, meminimalisir pemakaian MSG merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh tetap sehat. Nah, agar masakan tetap terasa gurih dan nikmat, sebenarnya Anda bisa menggunakan bumbu-bumbu dapur yang beragam.

"Pemakaian MSG sebaiknya dihindari sejak dini. Bisa gunakan bumbu lain yang sebenarnya jika diolah dengan tepat, dapat memberi rasa gurih juga seperti coriander, cilantro, mint, parsley dan blackpepper," ujar Kathy Tanujaya, Ahli Nutrisi di Greenery, kepada VIVA saat ditemui baru-baru ini.

Bikin Capcay Spesial Ramadhan Yuk, Cocok Buat Sahur dan Buka Puasa

Ilustrasi memasak.

Penggunaan Himalayan pink salt, juga bisa menjadi pilihan sehat yang mampu memberi rasa gurih pada makanan. Sebab, jenis garam tersebut tidak diolah seperti garam yang biasa digunakan.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

"Jenis garam pink itu tidak diolah seperti garam yang sering di dapur. Dia pure salt yang bisa digabung dengan bumbu-bumbu tadi, yang nantinya membuat rasa jadi lebih gurih," terangnya.

Dijelaskan Kathy, kalau pun ingin menggunakan garam biasa, sebaiknya hanya untuk taburan terakhir di atas makanan. Tetapi, itu berfungsi untuk mengeluarkan nafsu makan, bukan untuk memberi rasa gurih.

"Rasa gurih tetap dari olahan bumbu-bumbu tadi itu, ditambah garam pink. Setelah selesai masakannya, diletakkan di piring, lalu tabur sedikit dengan garam dapur biasa agar mengeluarkan nafsu makan. Sedikit saja, karena dia bukan untuk memberi rasa gurih,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya