Jangan Sembarangan Simpan Susu di Freezer, Ketahui Aturannya

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Kandungan nutrisi yang ada dalam susu, memang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Ketika bosan dengan cara minum susu yang itu-itu saja, banyak orang yang lantas mengkreasikan cara minum susu dengan membekukannya menjadi es.

Gak Kalah Sehat, Susu Kacang Mede Diklaim Rendah Kalori Hingga Bebas Kolesterol

Sementara itu, yang lainnya juga kerap mencampur susu yang telah dibekukan dengan kopi. Tetapi, pertanyaannya kemudian, amankah secara kesehatan susu yang dibekukan tersebut?

Menurut Dairy Council untuk Irlandia Utara (DCNI), Anda boleh-boleh saja membekukan susu, tetapi dengan beberapa syarat dan aturan.

Terpopuler: Kaya atau Miskin Bisa Dilihat dari Wajah, Efek Samping Minum Susu saat Perut Kosong

Ilustrasi susu.

Pertama, penting untuk membekukan susu yang masih dalam tanggal layak pakainya. Jika sudah terbuka selama beberapa hari, susu harus segera dikonsumsi dan sebaiknya tidak Anda bekukan. Demikian dilansir dari laman The Independent, Jumat 13 April 2018.

Minum Susu Sapi di Pagi Hari saat Perut Kosong, Timbulkan 7 Efek Samping Berbahaya Ini

Namun, jangan pikir membekukan susu tak punya bahayanya sendiri. Susu yang dibekukan akan mengembang. Itulah mengapa Anda tak boleh membekukannya di dalam botol kaca karena risiko botol akan retak sangat tinggi. Anda bisa membekukan susu yang dikemas dalam kemasan kertas karton, karena mampu mengatasi susu yang mengembang.

Hal lain yang perlu diingat adalah warna susu menjadi kekuningan ketika dibekukan. Meski begitu, Anda tetap aman untuk mengonsumsinya. Susu full cream juga tidak dapat sepenuhnya membeku dan menjadi es, karena kandungan lemaknya lebih tinggi. (asp)

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024