Santap Masakan Indonesia Modern Ramah Kantong

Mi Yamin Pedas di Dapur Asia.
Sumber :
  • VIVA/Diza Liane Sahputri

VIVA – Bumbu-bumbu di Indonesia sangat kaya akan rasa. Tak heran, ragam bumbu tersebut dapat memberikan kelezatan tak terhingga saat digunakan untuk mengolah masakan rumahan yang menggoda.

August Raih Prestasi Gemilang! Masuk Daftar 50 Restoran Terbaik Asia 2024

Terletak di kawasan Jakarta Selatan, Dapur Asia Dharmawangsa menjadi tempat mencicipi makanan khas Indonesia dengan lebih dari 20 kreasi menu yang kaya rempah. Restoran ini juga punya harga yang masuk akal dan terjangkau. Tim VIVA pun berkesempatan mencoba sejumlah menu hidangan restoran yang terletak di Ruko Dharmawangsa Square tersebut beberapa waktu lalu.

Berikut ini adalah sejumlah rekomendasi menu hidangan Dapur Asia yang rasanya Indonesia banget.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Mi Yamin Pedas Lidah

Sudah tak asing dengan mi yamin yang berbumbu kecap khas Jawa Barat, bukan? Di Dapur Asia, Chef Humaidi Ambar menjelaskan, bahwa bumbu mi yamin yang ia gunakan ditambah penggunaan aneka rempah yang bikin nagih.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

"Mi dibuat homemade. Selain bumbu dasar mi yamin, di sini dimasak dengan chili oil, bunga lawang, kapulaga dan kayu manis. Tambahan lidah tumis dan sambal merah untuk melengkapi mi yamin," ujarnya saat ditemui di kawasan Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Aneka menu hidangan di Dapur Asia.

Nasi Goreng Kecombrang Buntut

Nasi goreng di sini tampak berbeda dari nasi goreng lainnya. Selain kehadiran telur ceplok, terdapat taburan kecombrang mentah di atas nasi goreng dan didampingi oleh buntut sapi goreng yang nikmat dan empuk.

"Bumbu nasi goreng biasa ditambah kecombrang, lalu disajikan dengan taburan kecombrang mentah. Daging buntut sengaja kami rebus tiga jam agar benar-benar empuk, lalu digoreng," kata Humaidi.

Sop Dori Kuah Asam

Sop ini memiliki kuah berwarna putih susu. Sekali seruput, kuah asam segar nan gurih akan membuat lidah ketagihan. Ditambah, kelembutan daging ikan dori yang pas, memberi paduan yang nikmat untuk santap siang dan malam Anda.

"Pertama tumis bawang merah dan putih, lalu tuang di rebusan air. Masukan perasan lemon, daun jeruk, tomat, sereh dan ikan dori. 10 menit aja, karena kalau kelamaan bisa hancur dagingnya," terangnya.

Sop dori kuah di Dapur Asia.

Otak-otak Lumpia

Biasanya, lumpia goreng diisi dengan sayur mayur atau rebung. Namun, Dapur Asia memadukannya dengan otak-otak homemade dari ikan tenggiri.

"Otak-otaknya terbuat dari ikan tenggiri yang kami racik sendiri. Dibungkus dengan kulit lumpia, lalu digoreng. Sausnya khas buatan kami yaitu kacang, bawang putih, cabai, dan perasan jeruk nipis,” ucapnya menjelaskan.

Kulit Ayam Pedas

Rasa gurih dan tekstur renyah membuat kulit ayam pedas cocok dijadikan menu pilihan di kala ingin bersantai. Makanan sederhana namun bikin nagih ini, sangat pas dicocol dengan sambal merah dengan rasa yang cukup pedas.

"Kulit mentah, dibuang dulu lemaknya lalu ditepungin dengan tepung kering. Dimasak hingga garing lalu ditaburi bumbu racik kami sendiri agar rasanya gurih. Sambalnya, dibuat dari cabai merah, sereh, bawang merah dan putih lalu disiram minyak panas," ucap Humaidi.

Dapur Asia
Jalan Dharmawangsa VI, Ruko Dharmawangsa Square
No.31, RT.5/RW.1, Pulo,
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160
Buka: 10.00-22.00 WIB
Telp: 085810022289
Kisaran Harga: Rp17 ribu-Rp60 ribu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya