Masak Sayuran aja Masih Salah, Gimana Mau Sehat?

Ilustrasi memasak sayuran.
Sumber :
  • Pixabay/naimbic

VIVA – Memasak bukan hanya sekadar membuat makanan lebih mudah, aman dan nikmat untuk dikonsumsi. Tak sedikit masyarakat yang tanpa sadar membuat kesalahan dalam mengolah makanannya. Bukannya menyehatkan, hasil masakan justru bisa memberikan dampak negatif pada tubuh.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

"Salah satunya terlalu banyak pakai minyak saat masak sayur. Karena sayur itu kalau makin layu, kandungan baiknya makin hilang," ujar Kathy Tanujaya, Ahli Nutrisi di Greenery saat ditemui VIVA beberapa waktu lalu.

Menurutnya, cara memasak sayuran sebaiknya dikukus atau langsung dibakar. Sebab, cara masak tersebut mampu memberi kematangan yang tepat pada sayur, namun membuat kenikmatannya tetap terasa di lidah.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

"Sebenarnya, sayur yang mentah itu makin bagus untuk dimakan. Makin crunchy digigit, makin sehat kandungannya. Makanya, di-steam sebentar aja udah bisa memberi kematangan tepat," kata dia.

ilustrasi sayuran

dr. Zaidul Akbar: Begini Cara Mengolah Daging yang Sehat

Mengonsumsi banyak minyak, dilanjutkan Kathy, akan membuat tubuh menjadi tidak sehat. Sebab, penumpukan minyak jenuh di tubuh akan memberi dampak kesehatan jangka panjang.

"Makin numpuk minyak yang dipakai, tidak dibersihkan dengan sayuran yang di-steam misalnya, akan menempel minyaknya dan menimbulkan masalah kesehatan. Jangan heran kalau penyakit kardiovaskular bisa mengintai," ucapnya.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024