Wow, Ternyata Khasiat Ikan Gabus Lebih Tinggi dari Salmon

Balado Ikan Asin Gabus Tahu
Sumber :
  • Cookpad/Dish by Ifah

VIVA – Banyak orang yang belum tahu bahwa ternyata kandungan protein pada ikan gabus lebih tinggi dari ikan salmon. Ikan yang memiliki nama latin channa striata itu dikenal sebagai ikan tawar yang banyak hidup di perairan Indonesia.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Riset menunjukkan bahwa gizi dan protein hewani pada ikan gabus sangat ampuh untuk pertumbuhan dan proses penyembuhan. Ikan gabus bahkan sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil.

"Ikan gabus mengandung protein albumin, asam lemak omega-3 yang dibutuhkan ibu hamil. Dibanding salmon, zat gizi ikan gabus lebih tinggi,” kata General Manager PT Prima Medika Laboratories, Daniel Than di Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 18 April 2018.

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Terkait khasiat ikan gabus, Daniel menyebut banyak masyarakat belum mengetahuinya. Dengan mengonsumsi ikan gabus pula, ibu hamil akan memperoleh nutrisi cukup.

Menurutnya, selain komponen zat gizi karbohidrat, lemak, protein serta keseimbangan nutrisi, ibu hamil membutuhkan mikronutrien, salah satunya albumin. Tubuh manusia memproduksi albumin, namun perlu dijaga kecukupannya melalui asupan makanan.

6 Menu Buka Puasa Sehat Ini Bikin Energi Penuh, Cegah Diabetes & Hipertensi!

"Albumin adalah plasma protein dalam darah yang berfungsi sebagai sarana transportasi nutrisi ke seluruh tubuh dan penyeimbang cairan di dalam tubuh," katanya.

Setelah dilakukan riset mendalam, ikan asli Indonesia yakni ikan gabus memiliki kandungan albumin lebih tinggi dari ikan salmon. Meski kandungan albumin dalam darah sangat kecil, yakni hanya 3,4 - 5,5 desiliter, tapi peranannya sangat besar karena setiap nutrisi dalam tubuh akan dibawa oleh albumin.

"Satu ekor ikan gabus memiliki ekstrak protein kadar albumin sebesar 30,3 persen, lebih tinggi dari ikan salmon. Salmon hanya kaya akan omega-3,6, dan omega-9 saja," ujarnya.

 Talkshow PT Prima Medika Laboratories.

Albumin juga bermanfaat bagi siapa saja, baik anak-anak di masa pertumbuhan, maupun bagi ibu hamil sampai proses persalinan. Karena gabus adalah ikan air tawar, maka tak ada risiko alergi saat dikonsumsi. Alergi hanya terdapat pada jenis ikan laut saja.

"Jika ibu hamil kebutuhan albuminnya terpenuhi, maka bayi akan berkembang secara cepat selama sembilan bulan di dalam perut. Sebaliknya kalau albuminnya kurang, anak akan kekurangan gizi dan tumbuh kembangnya menjadi tidak optimal," tuturnya.

Selain pada ikan gabus, asupan albumin, tambah dia, juga bisa didapat dari putih telur. Namun, untuk memenuhi kebutuhan protein sebanyak 60 gram per hari, dibutuhkan 10 butir putih telur sehari. Tentunya konsumsi telur sebanyak ini tak akan mampu dicukupi oleh masyarakat.

"Melihat kebutuhan protein yang cukup tinggi ini, maka Prima Median Laboratories meluncurkan Albusmin yang merupakan ekstrak ikan gabus dengan kadar protein albumin, asam amino dan mineral penting dalam jumlah tinggi," katanya.

Suplemen ini, terbukti ampuh  mempermudah masyarakat khususnya ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan albumim yang berperan sebagai feeder, sehingga tumbuh kembang janin maksimal dan proses pemulihan usai melahirkan lebih lancar. (ch)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya