Sanuki, Daging Sapi Terlangka yang Langsung Lumer di Mulut

Sanuki atau olive wagyu, daging sapi terlangka di dunia.
Sumber :
  • Food Beast

VIVA – Anda gemar makan daging? Jika ya, kemungkinan besar Anda bakal penasaran untuk mencicipi daging yang satu ini. Namanya sanuki atau wagyu zaitun, yang diberi label sebagai daging sapi terlangka di dunia, dan peraih penghargaan dalam hal kualitas lemaknya.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Seperti dilansir dari laman Food Beast, Rabu, 18 April 2018, yang menjadikan daging ini begitu istimewa adalah proses ternaknya, di mana sapi hanya diberi makan ampas buah zaitun yang sudah diproses dan diambil ekstraknya. Ampas buah zaitun yang dipakai pun bukan sembarangan, melainkan yang tumbuh di Pulau Shodoshima, Jepang.

Ampas tersebut lah yang membuat sapi tersebut saat disembelih menghasilkan daging yang mengandung lemak sehat yang tinggi, tekstur lembut dan cita rasa yang unik.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Selain sehat dan rasanya yang lezat, daging sanuki juga disebut-sebut memiliki keunggulan lainnya, seperti pola marbel yang menonjol, yang menandakan daging tersebut memiliki banyak lemak dan ketika disantap akan langsung meleleh di mulut, persis seperti mentega.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Sebagai informasi, pola marbel sendiri hanya terlihat pada daging sapi berkualitas dengan kandungan lemak yang tinggi. Disebut marbel karena memang jaringan lemak yang tersebar merata di antara daging membentuk pola yang mirip dengan marbel.

Menariknya lagi, daging sanuki juga mengandung minyak yang sehat. Anda juga tidak perlu menggunakan banyak minyak saat memasaknya. Cukup satu sendok teh minyak, karena daging sanuki akan langsung mengeluarkan lemak sehat yang berasal dari ampas zaitun.

Orang-orang yang sudah mencicipi daging berpendapat cita rasa sanuki sangat clean dan lemaknya tidak terasa berlebihan saat disantap. Lemak tadi juga langsung lumer di mulut. Sayangnya, saat ini sanuki masih sulit didapatkan dan baru tersedia di Jepang dan Amerika Serikat. (ch)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya