RESEP: Cloud Egg, Kreasi Olahan Telur Selembut Awan

Cloud egg.
Sumber :
  • Instagram @kristifarinelli

VIVA – Membuat olahan telur tak melulu hanya direbus dan digoreng. Telur bisa juga tampil cantik dengan kreasi. Seperti olahan telur panggang yang sempat nge-hits di Instagram tahun lalu bernama cloud egg.

Begini Caranya Memasak Telur Ceplok Supaya Gak Lengket di Wajan

Konsepnya sederhana, kocok putih telur hingga berubah bentuk menjadi busa yang kaku, kemudian bentuk menjadi awan kecil untuk bisa menahan kuning telur, dan terakhir panggang. Mudah dan yang pasti cantik.

Dilansir dari Pop Sugar, Senin, 23 April 2018, berikut ini resep membuat cloud egg yang bisa dicoba langsung saat ini juga.

Tebak, Telur Mana yang Berasal dari Ayam yang Sehat?

Cloud Egg

Bahan-bahan

Trik Kupas Telur Rebus Cepat dan Mudah, Cukup Pakai Gelas Berisi Air

-8 butir telur
-1 sdm keju parmesan parut
-1/2 sdt garam
-Lada hitam bubuk secukupnya

Cara Membuat

1. Panaskan oven 190 derajat celsius. Lapisi pemanggang dengan kertas roti.

2. Pisahkan telur, hati-hati untuk memindahkan kuning telur seluruhnya. Letakkan putih telur di wadah bersih dan kocok dengan mixer dengan kecepatan tinggi hingga kaku, tapi tidak kering sepenuhnya. Gunakan spatula karet, kemudian dengan lembut masukkan parmesan dan garam lalu kocok dengan cepat.

3. Sendoklah adonan telur putih dan letakkan ke atas kertas panggang dalam delapan gundukan, kira-kira 1/2 sampai 3/4 cangkir untuk masing-masing gundukan dan beri jarak setidaknya dua centimeter (cm). Gunakan bagian punggung sendok untuk menciptakan lekukan di tengah pada masing-masing gundukan. Dengan perlahan, letakkan kuning telur di atasnya.

4. Untuk kuning telur yang lembut, panggang selama 14 hingga 16 menit, hingga kuning telur matang dan putih telur mulai berwarna cokelat keemasan. Tapi jika ingin kuning telur setengah matang, keluarkan dari oven setelah 8 hingga 10 menit.

5. Taburi dengan garam dan lada dan sajikan selagi hangat. (je)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya