3 Kuliner Korea Ini Hits Abis di Indonesia, Mana Favoritmu?

Tteokbokki, jajanan khas Korea Selatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tasya Paramitha

VIVA – Semenjak kepopuleran K-Pop kian meroket di Indonesia, banyak dari masyarakat Indonesia yang penasaran dengan Korea Selatan. Bukan hanya budaya dan destinasinya saja, suguhan makanan khas Korea yang sering muncul di K-drama pun berhasil mencuri perhatian masyarakat Indonesia, mulai dari kimchi, bibimbap, dak galbi, bulgogi, ramyun dan masih banyak lagi.

Kayak di Drakor, Icip-icip Jjamppong Asli Korea Kini Ada di Jakarta

Tidak heran jika kini restoran Korea menjamur di Indonesia. Tapi dari sekian banyak makanan khas Negeri Gingseng tersebut, makanan apa saja yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia?

PR dan Media Manager Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta Office, Irma Maulida menyebut bahwa kebanyakan kuliner Korea disukai oleh masyarakat Indonesia. Itu karena cara memasak orang Korea dan Indonesia terbilang cukup serupa.

Tosuni Hingga Odeng, Nikmati Jajanan Korea Terlengkap Ada di Sini!

"So far enggak ada complain, dan hampir semua makanan rasanya masih sesuai di lidah masyarakat Indonesia," kata dia kepada VIVA baru-baru ini di Jakarta.

Meski begitu tentu saja ada beberapa masakan yang paling menjadi favorit orang Indonesia. Berikut ini di antaranya.

Saat Jauh dari Keluarga, Ternyata Ini ‘Obat Homesick' Shin Tae-Yong

Tteokbokki

Tteokbokki sering muncul di berbagai drama atau variety show Korea. Makanan pinggir jalan ini berbahan dasar dari tteok atau rice cake yang dimasak dengan gochujang, saus cabai Korea. Berbentuk panjang-panjang, tteok yang bertekstur kenyal itu punya rasa gurih, pedas dan manis yang berasal dari sausnya tadi.

Tteokbokki-Korea Selatan.
 
Kimbap

Kuliner Korea lain yang digemari orang Indonesia adalah kimbap. Sekilas memang mirip dengan sushi, karena sama-sama berbahan dasar nasi dan dibalut dengan nori atau rumput laut. Namun, kimbap memiliki cita rasa yang lebih kaya karena dicampur dengan minyak wijen, garam dan biji wijen. Kimbap juga tidak disajikan bersama soyu atau kecap asin.

Selain itu, ukuran kimbap juga lebih besar dibandingkan dengan sushi. Untuk isiannya sendiri, kimbap lebih banyak menggunakan sayuran, seperti wortel, lobak, telur dadar hingga daging yang telah dibumbui.

Kimbap, kuliner Korea.

Bulgogi

Bulgogi menjadi salah satu kuliner Korea yang sangat populer di telinga masyarakat Indonesia. Bulgogi sendiri adalah olahan daging sapi berkualitas tinggi yang dipanggang atau dibakar di atas api. Yang membuatnya lezat adalah saus marinasinya, yang terbuat dari campuran kecap asin, gula, minyak wijen, bawang putih, lada hitam, daun bawang, jahe dan jamur. Jus buah pir dan bawang bombai juga wajib digunakan untuk membuat daging sapi menjadi empuk.

Kuliner bulgogi khas Korea.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya