Wow, di Bandung Ada Resto Jepang Halal Bernuansa Ramadan

Royal Kashimura
Sumber :
  • Instagram @bandungfoodsociety

VIVA – memilih tempat untuk berbuka puasa bukan cuma mempertimbangkan lokasi dan restorannya. Makanan pun menjadi faktor penentu yang paling penting. Nah, jika Anda warga Bandung, Jawa Barat yang punya rencana mengadakan buka bersama alias bukber, namun belum tahu ingin mengadakannya di mana, restoran satu ini bisa jadi pilihan.

Jalan-jalan ke Bandung, Coba Kuliner Unik Ini di Gang Nikmat

Royal Kashimura Japanese Shabu and BBQ akan memberikan pengalaman sensasional buka puasa, yakni dengan menikmati shabu-shabu, hidangan berkuah hangat yang lezat ala Jepang. Tak perlu khawatir, karena restoran ini telah mengantongi sertifikasi halal.

Menariknya, restoran yang dibuka pada Maret 2018 tersebut punya konsep yang berbeda, yakni ramah dengan umat Muslim, dengan menawarkan fasilitas yang memudahkan bagi para pengunjung yang berbuka puasa, tetapi tidak melewatkan waktu salat, khususnya tarawih yang kerap terlewatkan ketika berbuka puasa di luar rumah.

Makanan Penghangat Badan, Ini 5 Resep Seblak Mie
5 Kuliner Unik Khas Bandung, Cocok Buat Oleh-oleh

Owner Kashimura, Angga menjelaskan, gagasan awal didirikannya restoran Jepang dengan konsep Ramadan ini bertujuan menarik sebanyak-banyaknya pencinta kuliner yang berbuka puasa namun tetap bisa menunaikan kewajibannya. Selain fasilitas ibadah, Kashimura juga memberlakukan tarif atau harga yang dikawal ketat dengan aturan Syariat Islam.

"Awalnya memang konsep pertama untuk bikin wadah penggemar kuliner Bandung, Jawa Barat, Jakarta. Kami punya cita-cita, punya destinasi baru supaya penggemar restoran Jepang ini (dilayani) dengan tata cara penyajian dan akad dengan cara yang halal," ujar Angga di Kashimura Japanese Shabu and BBQ di Jalan Lombok, Bandung, Jawa Barat, Rabu, 23 Mei 2018.

Angga menuturkan, pihaknya menyajikan makanan impor seperti American Beef, Australian Beef, Japanese Beef (wagyu) serta makanan laut. Semua bumbu yang disediakan juga dijamin 100 persen halal bagi pengunjung Muslim.

"Bisa merasakan sajian makanan yang betu-betul dari mulai penyajian sampai akad (pembayaran) berdasarkan syariah. Termasuk juga pemilihan bahan makanan, itu juga penting. Pertama impor dagingnya dari US, Australia, Jepang," katanya.

Menurutnya, penyediaan makanan yang tersertifikasi halal dilakukan dengan cara cermat dalam memilih distributor.

"Saya sortir bahwa sertifikasi halal ini harus ada. Tapi kalau enggak ada kami lakukan penelitian dulu, maka saya ambil garis amannya, yang ada sertifikasi halalnya dari semua item di sini ada 223 makanan, bumbu dan lainnya ada sertifikasi halal," tuturnya.

Lebih lanjut Angga mengatakan, ciri khas rasa restoran Jepang diberlakukan dengan cara yang halal, bukan perkara mudah. Salah satunya, menggantikan penyedap makanan Mirin yang terbuat dari air gula dan sake dengan keahlian chef yang berpengalaman berkarier di Jepang selama tujuh tahun.

"Diolahnya pun dengan cara yang halal. Memang Jepang ini identik dengan Mirin. Mirin ini air gula ditambah sake. Memang itu taste-nya jadi lebih gurih, tapi kami ciptakan suatu bumbu yang memang dari bumbu alami sehingga menggantikan Mirin tersebut, Alhamdulillah rasanya tidak mengurangi," ujar dia.

Untuk tarif, pihaknya memberlakukan konsep All You Can Eat dengan harga Rp109 ribu per orang. Ciri khas rasa yang disajikan di restoran ini, yaitu pada sup.

"Kita ini khususnya di sup, kami bikin dari material rempah asli, bukan yang siap saji. Dengan cara digodog delapan jam, termasuk ada kari ayamnya. Jadi kalau penyajian di bulan Ramadan ini dari pagi, sehingga tiap hari fresh,” ucapnya.

Tak hanya shabu-shabu, Anda juga bisa menyantap berbagai hidangan lain yang bisa dinikmati sepuasnya, seperti bakso bakar, tempura hingga sushi roll.

Royal Kashimura Japanese Shabu and BBQ
Jalan Lombok No.45, Citarum, Bandung Wetan,
Bandung, Jawa Barat 40115
Buka:10.00-22.00 WIB
Telp: (022) 4261669

(je)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya