Mencuci Talenan dengan Sabun Saja Tak Cukup Hilangkan Kuman

Ilustrasi talenan.
Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Talenan merupakan salah satu peralatan memasak yang wajib ada di dapur, karena sangat diperlukan selama proses persiapan makanan. Talenan berfungsi sebagai alas memotong berbagai macam bahan makanan, mulai dari bumbu dasar seperti bawang, cabai, sayuran, buah-buahan hingga daging.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Itulah sebabnya sangat penting untuk menjaga kebersihan talenan, salah satunya dengan mencucinya dengan baik. Namun, tahukah Anda bahwa mencuci talenan dengan sabun saja tidaklah cukup untuk menghilangkan kotoran dan kuman yang menempel di permukaannya?

Talenan

Bukan Asal, Ternyata Ini Fungsi Talenan Berdasarkan Warnanya

Seperti dilansir dari House Beautiful, Rabu, 30 Mei 2018, Sarah dari Expert Home Tips menjelaskan bahwa mencuci talenan dengan sabun, atau membilasnya dengan air panas saja ternyata tidak ampuh untuk menembus permukaan talenan, sehingga tetap ada bakteri yang tertinggal di dalam talenan tersebut.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena Sarah menyarankan untuk menggunakan pembersih yang lebih kuat. Salah satunya adalah pemutih, namun hal ini tidak perlu dilakukan setiap kali Anda mencuci talenan tersebut, melainkan hanya sesekali saja.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Cukup gunakan beberapa tetes pemutih di dalam larutan air, kemudian bersihkan menggunakan spons. Cara ini dianggap efektif karena dapat membunuh bakteri, dan menghindari transfer kuman ke makanan lain yang Anda olah menggunakan talenan tersebut. (ch)

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024