Tips Masak Daging Kambing Empuk dan Bebas Bau Prengus

Tongseng kambing muda
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA – Tak harus selalu menghadirkan opor dan teman-temannya. Lebaran juga boleh saja menyajikan hidangan serba daging untuk keluarga tercinta. Meski menjadi makanan favorit banyak orang, mengolah daging kerap membuat orang mengurungkan niatnya.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Selain karena beberapa daging memiliki tekstur yang sulit untuk ditaklukkan, apalagi daging kambing yang terkenal bisa berbau prengus jika salah olah.

Sebelum mulai disibukkan dengan berbagai keperluan jelang Lebaran, sebaiknya mulai cari tahu bagaimana membuat daging kambing empuk dan bebas prengus.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

"Daging kambing jangan sampai kena air, nanti akan jadi bau," kata Sukatni, pemilik Pondok Sate Kambing Muda Pejompongan di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat saat ditemui VIVA beberapa waktu lalu.

Sukatni juga menambahkan bahwa agar daging kambing terasa semakin empuk, selain mendiamkan tumisan daging dengan wajan tertutup, menambahkan nanas yang sudah diblender saat menumis juga ampuh membuat daging menjadi lembut.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Tips lainnya yaitu penggunaan daun jeruk saat mengolah daging kambing. Selain menambah aroma, daun jeruk juga membantu mengurangi bau daging kambing. Tak hanya daun jeruk, lada hitam juga bisa membuat aroma tongseng semakin menggugah selera.

"Daun jeruk itu dipakai biar (daging kambing) enggak bau," kata Sutiyarno yang akrab disapa Pak Nano, pemilik kedai Tongseng Petir Pak Nano.

Hal lain yang perlu diperhatikan, jika berniat membuat olahan tongseng dan suka dengan tongseng pedas, usahakan memotong cabai tipis-tipis, jangan terlalu tebal. "Kalau mau pedas, potongnya lembut, isinya kena," kata Nano

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya