Sulit Nahan Lapar Saat Puasa? Aroma Satu Ini Bisa Membantu

Ilustrasi makan.
Sumber :
  • Pixabay/ rawpixel

VIVA – Sepanjang bulan Ramadan, setiap harinya Anda harus menahan haus dan lapar sepanjang hari. Ada sebagian orang yang agak sulit menahan rasa lapar. Nah, jika Anda salah satunya, ada satu aroma yang ternyata dapat membantu untuk menahan rasa lapar.

7 Golongan Orang yang Tidak Wajib Melaksanakan Puasa, Apakah Kamu Termasuk?

Seperti dilansir dari The Guardian, Minggu, 3 Juni 2018 sebuah studi yang dilakukan rumah sakit St. George di Tooting, London Selatan, Inggris menemukan bahwa aroma vanila dapat secara signifikan mengurangi selera Anda untuk menyantap makanan dan minuman manis.

Hal tersebut diketahui melalui uji relawan dengan membandingkannya dengan sejumlah aroma lain, seperti lemon. Hasilnya pun mengejutkan, kelompok relawan yang memakai bantuan dengan menghirup aroma vanila dapat bertahan dari godaan makanan dan minuman manis, terutama cokelat.

Tegas, Ustaz Khalid Basalamah Larang Konsep Puasa Setengah Hari Dikenalkan kepada Anak

Mereka juga kehilangan berat badan sekitar 2,2 kilogram setelah beberapa waktu menggunakan arima vanila untuk menurunkan nafsu makan. Sedangkan relawan kelompok yang menggunakan wewangian lemon hanya kehilangan berat badan sekitar 1,4 kilogram.

"Aroma vanila telah mengubah tingkat serotonin pembawa pesan kimia di otak. Cokelat mengandung zat kimia yang diubah menjadi serotonin, yang dianggap berperan dalam tingkat nafsu makan,” ucap Catherine Collins, kepala ahli diet di St. George's yang memimpin studi tersebut.

Tidak Boleh Jual Makanan Siang Hari di Bulan Ramadhan? Ini Kata Buya Yahya
Ilustrasi makanan/ buka puasa/ batalkan puasa.

Azab, Dosa Membatalkan Puasa Secara Sengaja di Bulan Ramadhan Ternyata Sangat Besar

Sengaja membatalkan puasa tanpa alasan yang sah adalah tindakan yang serius dalam Islam dan berpotensi mendatangkan dosa yang besar. Dosa tersebut termasuk melanggar peri

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024