Buah Kiwi Ternyata Bisa Lunakkan Daging

Ilustrasi memasak daging/daging merah.
Sumber :
  • Pixabay/agamaszota

VIVA – Sudah memikirkan akan memasak hidangan apa untuk disajikan saat Idul Fitri tiba? Hidangan dengan daging biasanya akan menjadi pilihan utama selain opor ayam. Karena biasanya, hidangan daging ini yang paling banyak dicari.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Tapi, merebus daging hingga empuk juga menjadi pekerjaan rumah yang melelahkan. Namun, jangan khawatir, ada cara mudah untuk melunakkan daging dengan cepat.

Selain merebus di atas kompor selama berjam-jam, menggunakan panci presto bisa jadi alternatif pilihan lainnya. Panci presto selain menjadikan daging empuk, kelebihannya adalah bisa memangkas waktu perebusan daging.

Daftar Harga Pangan 21 Maret 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Naik

Terlepas munculnya teknologi canggih semacam itu, sebenarnya ada cara alami untuk membuat daging lebih cepat empuk. Yaitu dengan mencampur beberapa bahan makanan alami yang memiliki efek melunakkan daging. Selain menggunakan nanas, buah kiwi ternyata juga bisa membantu melunakkan daging dengan cepat.

Pakar gizi dari Universitas Indonesia, Fiastuti Witjaksono mengatakan, kandungan senyawa unik actinidin dalam buah Kiwi membantu mempercepat proses melunakkan daging.

Harga Daging Sapi di Pringsewu Lampung Naik Rp10.000 Jadi Rp150.000 per Kg

"Efeknya sama ketika kita membalut daging dengan daun pepaya," ujar Fiastuti.

Selain kiwi, buah lain yang membantu mempercepat pelunakan daging adalah nanas. Jika tertarik menggunakan nanas, parut sekitar 2-3 potong buah nanas. Campur ke dalam air mendidih yang akan digunakan untuk merebus. Jika memungkinkan gunakan air santan mendidih. Memotong daging dengan ukuran kecil sesuai kebutuhan juga membuatnya lebih cepat lunak dibanding merebus dalam bentuk besar dan utuh. (mus)

Ilustrasi daging sapi

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Harga komoditas pangan masih terpantau mengalami kenaikan. Beberapa di antaranya seperti bawang merah, cabai, daging sapi, hingga gula konsumsi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024