5 Kuliner Lezat Khas Bangka Selatan, Wajib Coba!

Martabak Bangka
Sumber :
  • instagram.com/senadasewarna

VIVA – Mendengar kata Bangka, pasti yang langsung teringat adalah martabak manis yang lezat dan mudah ditemukan di mana saja. Tapi, tak hanya memiliki martabak yang sudah dikenal banyak orang, masih banyak kuliner lain dari Bangka Selatan yang harus dicoba ketika berkunjung ke pulau yang memiliki banyak wisata pantai tersebut.

Update COVID-19 Bangka Selatan, Sembuh 176 Orang

Sebagai daerah dengan area pantai yang dominan, Kabupaten Bangka Selatan dianugerahi hasil laut yang berlimpah, sehingga makanan khasnya juga berhubungan dengan produk olahan hasil laut. Misalnya siput gonggong, rusip, teritip, pekasem, dan olahannya seperti ikan abon, otak-otak, bergo, pantiau, hingga kericu.

Selain itu, ada makanan khas lainnya yang enak disantap. Dari booklet Pesona Pariwisata Negeri Junjung Besaoh dan berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi kuliner di Kabupaten Bangka Selatan.

Truk Angkut 80 Ton Solar Ilegal Diamankan di Bangka Barat

1. Lempah Kuning

Olahan ikan dimasak dengan kuah kuning dengan beragam bumbu rempah dan rasa asam pedas. Hidangan ini sebenarnya bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah Bangka, tapi ada yang berbeda dengan yang di Bangka Selatan, karena disajikan lebih pedas dibanding daerah lain.

Ini Dia, Dua Kuliner Bangka Paling Bikin Nagih

2.Martabak Bangka

Masyarakat Bangka lebih umum menyebutnya dengan nama Kue Tabok. Saat berkunjung ke Bangka Selatan, sempatkan untuk mencari Kue Tabok Apin yang sangat terkenal dan legendaris di Bangka Selatan.

3.Rusip

Dibuat dari ikan teri yang difermentasi, hidangan ini disajikan dengan irisan cabai dan bawang merah. Meski sepintas penampilannya tak menarik, konon katanya makanan ini sangat lezat.

4.Mi Kuah Ikan

Makanan legendaris ini wajib dicoba saat berkunjung ke Bangka. Apalagi mi ikan legendaris di Jalan Diponegoro. Warung yang ada sejak tahun 1974 ini tak bisa dilewatkan begitu saja.

5.Lempah Darat

Berbahan dasar hewan laut atau daging sapi, hidangan berkuah ini memiliki kuah sedikit lebih kental dengan bumbu terasi, cabai, dan bawang merah. Di dalamnya biasanya ada buah pepaya mentah, timun, kacang, dan talas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya