11 Hidangan Khas Lebaran dari Berbagai Negara Dunia

Menu ketupat Lebaran di Madura
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA – Menjelang datangnya Hari Raya Idul Fitri, seluruh umat Muslim sibuk mempersiapkan seluruh kebutuhan untuk Hari Haya. Selain baju, mereka juga mempersiapkan hidangan untuk Lebaran.

Lupa Satu Hal Ini, Bahaya Keracunan Intai Makanan Lebaran

Meski demikian, bukan berarti setiap negara punya hidangan yang sama. Tiap negara punya hidangan tersendiri yang disajikan saat Idul Fitri. Biasanya hidangan ini juga punya akar tradisi tersendiri dari tiap wilayah.

Berikut ini makanan khas Idul Fitri dari berbagai belahan dunia, seperti dilansir dari Metro.

3 Ide Menu Lebaran Anti Bosan Ala Chef Arnold

1. Indonesia

Salah satu hidangan yang selalu identik dengan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia tak lain adalah ketupat. Hidangan yang berasal dari beras dan dibungkus dengan janur ini punya filosofi tersendiri yang berasal dari ngaku lepat, atau mengaku bersalah. Ketupat biasa disajikan dengan hidangan seperti opor, rendang, atau berbagai hidangan lainnya.

Ragam Sajian Khas Lebaran di Seluruh Dunia

2. Suriah

Meskipun terjadi kekerasan berkelanjutan di Suriah, keluarga Muslim di sana tetap merayakan Idul Fitri dengan bersilaturagmi dengan keluarga dan tetangga. Mereka akan makan puding buatan sendiri yang disebut Mamounia yang dapat disajikan panas atau dingin dan dihiasi dengan kayu manis dan irisan kacang almond.

3. Mesir

Di Mesir, umat Muslim secara tradisional berbuka puasa dengan kurma dan segelas susu pada pagi hari Idul Fitri. Sementara ada kahk, kue kering isi madu yang khusus disajikan pada Hari Raya.

4. Yaman

Di Yaman ada tradisi untuk makan siang di rumah kepala keluarga. Bint Alsahan yang merupakan makanan khas negara ini, biasa disajikan pada Idul Fitri. Makanan ini merupakan kue manis yang dihiasi dengan biji madu dan nigella.

5. Afghanistan

Di Afghanistan, Idul Fitri adalah milik anak-anak dan perayaan khusus disiapkan untuk anak-anak. Sementara menu Lebaran yang disajikan berupa Bolani, yakni roti pipih berisi bayam, labu, kentang atau lentil (kacang lunak) hijau.

6. Rusia

Umat Muslim akan menuju tenda Ramadan di dekat Masjid Pusat Moscow untuk merayakan Lebaran. Dengan populasi 16 juta Muslim, mereka menikmati Manti, yaitu kue berisi daging domba atau daging sapi yang dibumbui.

7. Sudan

Di Sudan, Idul Fitri akan dirayakan dengan mengunjungi tetangga dan mendapat imbalan permen. Keluarga Muslim di Sudan akan menikmati sepiring Aseeda, yang  terbuat dari gandum dan dimakan secara tradisional dengan saus tomat.

8. India

Populasi Muslim di India yang lebih dari 180 juta jiwa akan merayakan Idul Fitri dengan makan semangkuk lezat Sevaiyan ki Kheer yang merupakan makanan penutup dengan bihun di atasnya dan irisan almond.

9. China

Populasi Muslim Cihna akan menandai akhir Ramadan dengan memakan You Xiang yang merupakan makanan ringan berbahan dasar tepung terigu, yang bisa dimakan dengan sup atau nasi.

10. Malaysia

Idul Fitri di Malaysia disebut The Grand Day 'Hari Raya' dan pada hari ini keluarga akan berbagi makanan yang disebut Luih. Itu adalah kue berwarna cerah dan memiliki rasa manis yang dibuat dengan mentega, telur, gandum dan gula.

11. Somalia

Umat Muslim Somalia menyiapkan roti Idul Fitri khusus yang disebut Cambaabur, yang merupakan gandum dan millet yang ditaburi gula dan disajikan dengan yoghurt.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya