Cek Kualitas Telur, Rendam di Mangkuk, Mengapung atau Tidak

Telur ayam/Ilustrasi.
Sumber :
  • Pixabay/ponce_photography

VIVA – Menurut penelitian, satu dari 10 orang di dunia setidaknya pernah sekali mengalami keracunan makanan dalam setahun. Ini akibat kesegaran sebuah produk yang diabaikan, saat dikonsumsi.

Bunuh Pedagang Semangka di Jaktim gegara Motif Asmara, Dede Jadi Tersangka

Banyak orang, memang hanya mengandalkan tanggal kedaluwarsa yang tertera. Padahal, itu saja tak cukup. Karena ada beberapa perlakuan yang perlu dilakukan, seperti halnya bagaimana cara penyimpanan yang benar agar produk tersebut tetap layak untuk dikonsumsi.

Karena itu, berikut trik sederhana untuk mengetahui apakah produk makanan masih layak konsumsi atau tidak, seperti dilansir Brightsight:

Dede yang Siram Air Keras dan Bacok Pedagang Semangka sampai Tewas Terancam 15 Tahun Penjara

Susu

Susu yang belum dibuka, masih berkualitas baik hingga hampir seminggu setelah dibeli. Namun, untuk menjaga susu yang telah dibuka tetap segar, pastikan mengatur suhu di dalam kulkas setidaknya empat derajat celsius.

Ikut Bergerak Bantu Palestina, Maharani Kemala: Aku Gak Mau Cuma Diam Tanpa Berbuat Sesuatu

Semangka

Untuk mengetahui semangka dalam kualitas tidak baik, bisa dilihat dari jika biji semangka yang mulai terlepas dari dagingnya. Itu artinya semangka sudah tak berkualitas cukup baik.

Sama seperti halnya jika menemukan daging semangka berlendir dan lembek, warna berubah semakin muda, seperti merah muda terang hingga keputihan, sebaiknya mulai disingkirkan.

Daging

Jika disimpan dalam pendingin, daging bisa tahan hingga dua hari, atau bekukan untuk beberapa bulan. Tapi ingat, jika daging menjadi kusam dan berlendir, bahkan mengeluarkan aroma asam sebaiknya segera dibuang.

Telur

Telur tetap berkualitas baik selama disimpan dalam pendingin dan bisa tahan hingga tiga minggu atau satu tahun dalam freezer. Tapi jika ragu dengan kualitasnya, coba masukkan telur dalam gelas atau mangkuk penuh air.

Jika mudah tenggelam, berarti telur masih bagus, tapi jika mengapung, sebaiknya segera buang telur tersebut.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa tahan selama satu hingga dua tahun. Minyak zaitun bisa segera rusak jika dibiarkan di lingkungan terbuka atau terkena matahari. Sebaiknya simpan dalam kulkas, dan panaskan jika akan digunakan.

Bumbu

Saus tomat yang tak dibuka baik dikonsumsi satu tahun, dan satu bulan setelah dibuka dan disimkan dalam kulkas. Mayonais yang belum dibuka bisa disimpan sampai empat bulan di ruang terbuka, atau tiga bulan setelah dibuka dan disimpan dalam kulkas.

Jika menemukan ada perubahan rasa setelah dibuka, sebaiknya segera singkirkan dan buang. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya