Lima Makanan Pencuci Mulut Ini Wajib Dicoba Saat di Korea

Hoddeok, makanan pencuci mulut khas Korea Selatan
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Populernya kebudayaan Korea membuat orang Indonesia semakin penasaran dengan serba-serbi negara berjuluk negeri gingseng tersebut. Maka tak heran, jika salah satu agenda wajib yang dilakukan saat berkunjung ke Korea adalah wisata kuliner.

Kayak di Drakor, Icip-icip Jjamppong Asli Korea Kini Ada di Jakarta

Beberapa makanan seperti toppoki, bibimbab, hingga kimchi jadi pilihan santapan utama. Tak hanya itu, beberapa makanan pencuci mulut seperti Jipangyi Ice Cream, Bungeoppang juga bisa menjadi pilihan. 

Dilansir laman Koreaboo, jika Anda termasuk pecinta makanan pencuci mulut khas Korea, berikut ini 5 makanan yang wajib Anda coba.

Tosuni Hingga Odeng, Nikmati Jajanan Korea Terlengkap Ada di Sini!

1. Patbingsoo, es serut dengan kacang merah

Cara Masak Seru ala Korea, Ternyata Gampang!

Pat berarti kacang merah, sementara bingsoo, berarti makanan penutup. Selain kacang merah, es ini sering disajikan dengan susu kental manis, dan bubuk kacang di atasnya.

Selain disajikan original, orang Korea juga senang menyajikan Palbingsooo dengan berbagai rasa buah misalnya melon-bingsoo, mango-bingsoo, oreo-bingsoo, hingga tiramisu-bingsoo. 

2. Hoddeok, pancake kue beras

Hoddeok adalah makanan jalanan yang populer perpaduan antara pancake dan kue beras. Adonan tepung, diisi dengan gula di bagian tengah, dibulatkan menjadi bola kemudian ditekan rata di atas panci panas.

Para pedagang kaki lima sering melipat hoddeok menjadi dua dan menyajikannya dalam sebuah cangkir kertas. Saat disajikan, hoddeok akan disiram dengan gula yang telah dilelehkan.

Jika ingin variasi yang berbeda Anda juga bisa menambahkan kacang, keju, dan bubuk matcha. Bahkan di beberapa kafe, makanan ini disajikan bersama es krim dan potongan buah.

3. Mat-tang, ubi goreng

Mat-tang bisa dibilang adalah potongan ubi manis yang dicampur saus manis yang lengket. Tak hanya ubi, ternyata orang Korea juga mengonsumsi kentang dan labu yang digoreng dengan cara yang sama.

4. Shikhye, arak beras

Shikhye adalah sejenis arak ringan yang memiliki rasa manis. Di dalamnya mengandung serpihan beras fermentasi yang bertekstur seperti nasi. Terkadang shikhye juga berisi kacang pinus. 

Meskipun bahan-bahannya sederhana seperti air, tepung gandum, gula, dan nasi, tapi untuk membuatnya memerlukan waktu yang lama dan membutuhkan kesabaran dalam membuatnya, terutama untuk menentukan tingkat kemanisannya.

5. Hwachae, fruit punch

Hwachae adalah menu makanan penutup istimewa pada musim panas. Minuman ini lebih sering disajikan dalam wadah kulit semangka. Di dalam semangkok fruit punch ini, terdapat aneka buah yang dicampur minuman bersoda, gula, sirup atau susu kental manis. Tak hanya itu, pada perayaan tertentu orang Korea bahkan menambahkan Soju, atau arak khas Korea untuk menyambut para tamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya