Ini Aturan Simpan Aneka Produk Daging di Lemari Es

Ilustrasi daging merah
Sumber :
  • Pexels/Mali Maeder

VIVA – Menyimpan makanan di lemari es dipercaya bisa mengurangi pertumbuhan bakteri yang bisa memicu keracunan makanan. Tapi, ada durasi penyimpanan makanan yang spesifik untuk setiap jenis makanan.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Untuk daging, Anda harus lebih hati-hati karena mengonsumsi daging basi bisa memicu masalah kesehatan yang serius. Berikut ini beberapa produk daging dan berapa lama seharusnya disimpan dalam lemari es.

Daging cincang
Dilansir dari laman Times of India, daging cincang bisa disimpan dalam lemari es selama 1-2 hari dan dibekukan selama 3-4 bulan.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Daging merah
Anda bisa menyimpan daging ini di lemari es hingga 5 hari. Dan daging ini bisa disimpan dalam keadaan beku selama 4-12 bulan. Namun, daging merah yang sudah dimasak dan tidak habis bisa bertahan 3-4 hari di lemari es dan disimpan di freezer selama 2-3 bulan.

Daging unggas
Daging unggas bisa Anda simpan di lemari es selama 1-2 hari, itu juga harus pada suhu 40 derajat Fahrenheit atau lebih dingin. Dan di dalam freezer, daging unggas bisa disimpan selama satu tahun di suhu 0 derajat Fahrenheit atau lebih dingin.

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

Sosis dan bacon
Sosis mentah harus dikonsumsi dalam dua hari dan Anda bisa memakan bacon dalam seminggu penyimpanan di dalam lemari es. Keduanya bisa dibekukan selama sebulan.

Hot dog
Daging jenis ini bisa bertahan tidak lebih dari dua minggu di dalam lemari es, tanpa dibuka-buka. Disarankan agar daging ini dikonsumsi dalam waktu 3-5 hari setelah dibuka. Jika disimpan di dalam freezer, hot dog bisa bertahan 1-2 bulan.

Telur
Telur mentah bisa disimpan di lemari es hingga satu bulan, tapi jika sudah direbus, jangan disimpan lebih dari satu minggu. Perlu dicatat bahwa hanya putih telur atau telur yang sudah dikocok yang harus dibekukan dan bukan telur bulat dan telur ini bisa bertahan hingga setahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya