Begini Cara Merebus Telur yang Tepat Agar Hasilnya Sempurna

Telur rebus.
Sumber :
  • Pixabay/Condesign

VIVA – Kaya akan protein dan penuh akan vitamin membuat telur rebus merupakan sarapan sederhana terbaik yang dapat dikonsumsi di pagi hari. Karena itu, sangat penting untuk memasak telur rebus dengan benar, agar seluruh kandungan protein dan vitamin di dalamnya dapat terjaga dengan baik.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Seperti dilansir dari Metro.co.uk, Minggu, 1 Juli 2018, seorang chef berbintang Michelin mengatakan, selain beresiko kehilangan kandungan penting, merebus telur dengan cara salah akan menghasilkan tekstur buruk ketika disantap. Lalu, bagaimanana cara yang benar merebus sebuah telur?

Cara terbaik adalah menggunakan timer, dan membiarkan air di dalam panci mendidih terlebih dahulu, sebelum telur dimasukan ke dalam sebuah panci. Jika Anda menyukai kuning telur yang lembut dan berair, Anda dapat memasaknya dalam waktu yang singkat. Namun, jika Anda menyukai telur rebus yang matang dan padat Anda dapat memasaknya hingga 12 menit.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Namun, perlu diingat bahwa telur akan terus berada dalam proses memasak apabila ia dalam keadaan panas, walaupun ia telah dikeluarkan dari air mendidih. Sehingga ketika selesai memasak, sebaiknya segera letakkan telur di dalam air dingin untuk mnghentikan proses memasak.

Untuk mendapatkan hasil kuning telur rebus yang lembut dan setengah matang Anda dapat memasaknya selama 4 menit. 5 menit untuk telur yang lebih padat, 6 menit untuk telur matang,  dan diamkan 7-12 menit dalam sebuah wadah dalam keadaan panas, sehabis dimasak jika ingin telur yang benar-benar matang.

dr. Zaidul Akbar: Begini Cara Mengolah Daging yang Sehat

Untuk menghasilkan tekstur telur yang berbeda, Anda juga bisa mengukusnya. Ini akan membuat putih telur dan kuning telur lebih lembut karena tidak terendam dalam air mendidih. Yang Anda butuhkan untuk mengukus telur adalah panci, dan semacam saringan logam atau saringan yang bisa dimasukkan ke dalamnya. Anda juga bisa menggunakan pengukus sayuran dari logam atau pengukus bambu.

Rebus sedikit air di bawah kompor dan ketika mendidih, masukkan telur ke dalam saringan atau pengukus, lalu letakkan di dalam panci. Telur membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk dimasak sesuai keinginan Anda saat dikukus, jadi tambahkan sekitar dua atau tiga menit dari waktu normal Anda merebus telur.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024