Ragam Olahan Lezat dari Susu Kental Manis di Seluruh Dunia

Saus karamel dari susu kental manis (SKM).
Sumber :
  • wikiHow

VIVA – Polemik susu kental manis (SKM) yang sempat terjadi baru-baru ini membuat masyarakat Indonesia semakin concern dengan konsumsi produk olahan susu satu itu. Padahal, meski mengandung gula yang tinggi, SKM tetap aman untuk dikonsumsi, asalkan tidak berlebihan.

Kedapatan Angkut Rokok Ilegal, Sebuah Bis Antarkota Dihadang Bea Cukai Malang

SKM juga tidak disarankan untuk dikonsumsi dengan cara dibuat menjadi minuman susu. Itu karena SKM sebenarnya merupakan pelengkap hidangan dan minuman.

Nah, tak hanya di Indonesia, di berbagai negara di dunia lainnya juga sering mengonsumsi SKM dalam bentuk makanan dan minuman lezat. Berikut ini di antaranya, seperti dihimpun VIVA dari berbagai sumber, Selasa 10 Juli 2018.

Bea Cukai Kudus Gagalkan Pengiriman Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

Brasil

Di negara ini, SKM digunakan untuk membuat permen terkenal khas Brasil bernama brigadeiro. Selain itu, SKM juga digunakan untuk membuat key lime pie, permen karamel dan beberapa menu hidangan penutup manis lainnya.

Geledah Dua Lokasi di Jepara, Bea Cukai Sita Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

Inggris

SKM terkadang digunakan untuk membuat fudge. Caranya adalah dengan dicampur clotted cream. Di Yorkshire Barat, beberapa tahun setelah Perang Dunia ke-2, SKM adalah alternatif selai yang lebih murah.

Skotlandia

Negara ini punya permen yang mirip dengan brigadeiro khas Brasil, yakni tablet atau Swiss milk tablet. Permen tersebut dibuat dari SKM dan mentega.

Meksiko

Di Meksiko, SKM adalah salah satu bahan utama untuk membuat dessert manis dingin. Caranya adalah dengan mencampurnya bersama susu evaporasi, biskuit Marie, air perasan lemon dan buah-buahan tropis.

Saus karamel khas Meksiko yang dinamakan dulce de leche juga dibuat dengan cara memanggang SKM di dalam oven, atau merebus sekaleng susu SKM selama dua jam hingga susu dan gula di dalamnya terkaramelisasi.

Asia

SKM umumnya digunakan untuk membuat kopi atau teh susu di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. Begitu pula untuk membuat ragam es serut manis yang disajikan bersama buah-buahan dan sirup. SKM juga seringkali dijadikan topping roti bakar. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya