Perkenalkan Avozilla, Alpukat Raksasa Seberat 1,2 Kilogram

Alpukat raksasa, Avozilla.
Sumber :
  • Cameron Perna/Mercer Mooney

VIVA – Jika biasanya ukuran satu buah alpukat normal hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa, tapi alpukat yang satu ini lain dari yang biasanya. Alpukat yang diberi nama Avozilla ini disebut sebagai aplukat terbesar yang pernah ada di dunia.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Alpukat berukuran raksasa yang dijual di Australia itu beratnya rata-rata 1,2 kilogram. Satu buah Avozilla berukuran empat kali ukuran alpukat biasa. Luar biasa bukan?

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

"Yang terbesar yang saya timbang adalah 1,73 kilogram," kata Cameron Perna, Manajer Buah Tropis dan Eksotis di Mercer Mooney, dikutip dari laman Metro.co.uk, Kamis, 12 Juli 2018.

Berasal dari Afrika Selatan, buah raksasa ini pertama kali sampai ke Inggris pada tahun 2013. Menurut Ian Groves, petani yang telah membawa varietas tersebut, rasa alpukat ini seperti alpukat biasa tetapi sedikit lebih lembut.

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

Groves mengatakan bahwa ini adalah panen pertamanya. Lalu ia mendistribusikan buah tersebut ke pedagang di Australia, yakni di Brisbane, Sydney, Adelaide dan Perth.

"Kami membeli pohon yang berbeda dan kami menanam banyak alpukat 10 tahun lalu. Mereka memberi kami satu (bibit) sebagai percobaan," katanya.

“Dan setelah sekitar empat atau lima tahun, kami mencoba beberapa buah dan berpikir kami akan mencobanya. Jadi kami menanam ekitar kurang dari 400 pohon,” ucapnya menambahkan.

Alpukat-alpukat tersebut akan tumbuh sekitar empat tahun dan ini adalah produksi pertama mereka. Alpukat rakasasa ini sendiri memang dibudidayakan oleh klub petani eksklusif.

Perusahaan Afrika Selatan yang pertama kali mengembangkannya masih memiliki hak sehingga siapapun yang ingin menanamnya harus mendapatkan izin dan membayar royalti terlebih dahulu sebelum menanamnya. Avozilla sendiri dijual dengan harga US$14.99 atau sekitar Rp217 ribu per buah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya