5 Tips Memotivasi Diri Agar Rajin Memasak

Ilustrasi memasak dan memanaskan makanan.
Sumber :
  • Pexels/Martin Lopez

VIVA – Memasak seringkali dianggap sebagai hal merepotkan, membuang waktu bagi mereka yang tak memiliki hobi memasak. Sedangkan bagi mereka yang hobi, masuk ke dapur, menyentuh peralatan dapur, menghias piring dengan makanan buatan sendiri, bisa menjadi kepuasan batin.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Memasak makanan sendiri juga merupakan solusi paling tepat untuk mendapat makanan berkualitas, bergizi, sehat dan yang pasti terjamin kebersihannya. Karena itu, tak ada salahnya mulai memotivasi diri sendiri untuk rajin memasak.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memicu timbulnya keinginan memasak, berikut di antaranya seperti dilansir dari Shape, Jumat, 13 Juli 2018.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Gunakan resep

Temukan beberapa sumber resep atau blog makanan yang bisa diandalkan baik untuk kesehatannya, kemudahan ide makanan dan dengan perlahan akan membuat Anda bisa berimprovisasi dengan resep sendiri.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Luangkan waktu untuk memasak

Mungkin meluangkan waktu setiap hari untuk memasak bagi pemula adalah hal yang membebani. Karena itu, buatlah perjanjian dengan diri sendiri untuk menyisihkan waktu memasak, bahkan meski hanya sekali dalam satu minggu.

Ilustrasi memasak/membuat kue

Realistis

Jangan berlebihan, mulailah dengan memasak hidangan sederhana yang mudah. Anda bisa beralih ke resep yang lebih sulit seiring dengan berjalannya waktu.

Peralatan yang tepat

Mulai membiasakan diri memasak sendiri di rumah bukan berarti Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli berbagai peralatan masak. Anda cukup memiliki peralatan dasar memasak saja. Dengan belajar memasak, Anda juga akan tahu peralatan apa yang sebenarnya dibutuhkan.

Jangan melewatkan makan bersama

Bagi beberapa orang yang sudah merasa sangat nyaman memasak makanan mereka sendiri, biasanya mereka mulai takut untuk makan di luar. Jika ini sudah terjadi, pastikan untuk tetap memiliki kehidupan sosial. Atau Anda juga bisa, lho, mengundang teman-teman untuk mencicipi masakan Anda atau memasak bersama di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya