Begini Cara Menata Hidangan Biar Mirip Buatan Chef

Burger.
Sumber :
  • Pexels/Flickr

VIVA – Menata makanan di atas piring dan membuat penyajiannya secantik mungkin agar saat difoto mirip buatan chef, bukanlah pekerjaan mudah. Setiap chef memang diwajibkan punya kemampuan untuk menata makanan atau dalam bahasa Inggris disebut plating.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Kualitas plating juga kini telah dianggap sebagai salah satu bentuk seni, karena tak mudah menyajikan makanan hingga tampilannya cantik dan menggugah selera.

Nah, Anda tak perlu menjadi chef untuk menguasai teknik plating. Ada beberapa trik mudah yang bisa dipelajari dan dicoba dirumah.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Dilansir dari Times of India, Jumat, 13 Juli 2018, berikut ini beberapa cara sederhana untuk melakukan plating seperti seorang chef.

Piring

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Pilih piring yang bisa menonjolkan hidangan. Beberapa chef lebih memilih piring berwarna gelap untuk menyajikan makanan berwarna-warni dan cerah. Sementara yang lain memilih piring berwarna putih atau berwarna terang.

Aturan yang wajib dipatuhi adalah piring berwarna ‘hangat’ seperti oranye, kuning, merah untuk makanan panas dan piring berwarna ‘dingin’ seperti ungu, biru untuk makanan dingin.

Saus

Saus tidak hanya mampu meningkatkan rasa makanan, tapi juga penampilan. Kekentalannya memberikan banyak peluang untuk bermain dengan berbagai desain.

Hidangan utama

Jika ingin mengikuti aturan klasik, maka letakkan makanan di bagian tengah piring. Namun, jika ingin mengikuti tren modern, letakkan makanan di salah satu sisi piring dan tata berbentuk garis atau panah atau posisi acak.

Pendamping

Komponen pendamping berfungsi melengkapi makanan dan memberikan berbagai tekstur yang berbeda serta warna pada hidangan. Jumlahnya juga harus cukup terlihat di piring.

Garnish

Ini biasanya digunakan sebagai pemanis sekaligus penambah cita rasa, yaitu rempah-rempah atau tumbuhan herbal segar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya