Kunci Sukses Jadi Barista Andal: Selain Ngerti Kopi, Harus Rendah Hati

Trisha Aydilla Monica, Barista Wanita di Kedai Kopi Aceh
Sumber :
  • VIVA/Dani Randi

VIVA – Seiring dengan makin menjamurnya kedai kopi, khususnya di Jakarta, makin banyak pula orang yang melirik profesi barista. Pekerjaan yang sebelumnya tak cukup populer di kalangan masyarakat, kini mulai banyak diminati.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Sehingga, banyak pula kursus yang menawarkan pelatihan barista, latte art, dan pengembangan inovasi menu, seperti salah satunya Toffin Coffee Showroom.

Bagi seorang barista pemula, menurut World Barista Champion 2017, Dale Haris, memiliki kecintaan terhadap kopi saja tidak cukup.

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Menurutnya, hal pertama yang harus dimiliki oleh para barista ialah kepekaan terhadap rasa dari kopi itu sendiri. Karena tiap kopi memiliki rasa dan karakteristik yang berbeda.

"Jadi hal pertama ialah tasting, kita harus tahu mengapa suatu kopi bisa terasa begini, bagaimana menghasilkan kopi ini, dan seperti apa seharusnya menyajikannya," kata Dale kepada VIVA baru-baru ini.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

Selain itu, hal lain yang juga harus dimiliki barista baru adalah konsistensi. Menurutnya, menjaga konsistensi dari kopi yang dihasilkan juga penting. Karena ini yang nantinya menjadi ciri khas atau karakter dari seorang barista.

Hal yang tidak kalah penting untuk menjadi seotang barista yang hebat, yaitu rendah hati dan empati. Dale mengatakan, meski ia kini menyandang gelar sebagai World Barista Champion, ia juga pernah melakukan kesalahan.

"Penting untuk mengenali bahwa kita juga pernah salah, untuk terus memperbaiki kualitas dari kopi yang kita buat. Jadi yang tersulit memang menjadi rendah hati dan memiliki empati," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya