Ini Dia Camilan Khas Makassar Favorit BJ Habibie

BJ Habibie
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ayu Utami Paramitha

VIVA – Setiap orang memiliki makanan favorit. Bahkan, beberapa makanan memiliki cerita dan kesan tersendiri.

Haru, Tamara Tyasmara Siapkan Makanan Favorit Dante di Momen Lebaran

Sama halnya dengan Presiden ke-3 Republik Indonesia, Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie atau B.J Habibie. Pria berusia 82 tahun ini ternyata memiliki makanan favorit masa kecil yang kini sudah sulit ditemukan.

Sahabat kecil B.J Habibie yang juga penulis buku tentang B.J Habibie, Andi Makka membocorkan makanan apa yang menjadi favorit sahabatnya tersebut. Ternyata makanan seperti barongko yang merupakan makanan khas Makassar merupakan makanan kesukaan ayah dua putra itu.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Barangko merupakan makanan yang terbuat dari campuran pisang kepok, santan, telur, gula, dan dibungkus oleh daun pisang, lalu dikukus. Selain barongko, buras yang merupakan penganan khas masyarakat Bugis dan Makassar di Sulawesi Selatan ini juga menjadi favoritnya.

Barongko dan buras, camilan favorit BJ Habibie

Ramadhan Makin Istimewa! Menu Kesukaan Cipung Hadir di Hotel Mewah Jakarta

Dengan bentuk yang seperti lontong, buras dibuat dari campuran beras dan santan sehingga menjadi lembek, lalu dibungkus dengan daun pisang. Selain itu, putu cangkir yang merupakan camilan khas Makassar ini juga menjadi kesukaan B.J Habibie.

Putu cangkir terbuat dari beras ketan, baik ketan putih dan hitam lalu ditumbuk hingga sedikit halus. Kemudian dicampurkan serutan gula merah hingga menyatu. Uniknya pada putu cangkir ini, di bagian tengahnya diisi dengan serutan kelapa, sehingga memberi rasa gurih dan manis menjadi satu ketika berada di dalam mulut.

Putu cangkir, camilan khas Makassar kesukaan BJ Habibie

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya