Mengenal Buah-buah Unik dari Seluruh Dunia

Buah kiwano dan feijoa
Sumber :
  • Google

VIVA – Nama beberapa buah berikut ini tak cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Jika Anda pernah mengunjungi negara asal buah-buahan ini, mungkin sudah tak asing lagi. Dari berbagai sumber, VIVA merangkum 5 buah unik dari berbagai negara.

Hula Berry, Buah Mirip Stroberi dengan Rasa Nanas

1. Cherimoya

Deretan Buah-buahan Unik yang Bisa Membuatmu Terkejut

Sekilas, bentuk cherimoya mirip srikaya. Ia berasal dari Amerika Selatan, memiliki daging buah yang putih lembut seperti custard. Tak heran jika cherimoya juga dijuluki "apel custard".

Cherimoya memiliki cita rasa seperti perpaduan antara pisang, nanas, pepaya, dan stroberi. Di Peru, cherimoya sering dijadikan es krim. Jika Anda memakannya, hati-hati jangan sampai terkunyah kulit maupun biji, dua bagian tersebut dapat menyebabkan keracunan.

Melon Unik dari Jawa Timur, Berbentuk Kotak dan Hati

2. Kiwano


Kiwano memiliki bentuk fisik yang menawan. Kulitnya berwarna jingga cerah, dan terdapat tonjolan seperti tanduk. Isi dalamnya seperti markisa dengan biji berwarna kuning dan hijau.

Cita rasa kiwano seperti gabungan mentimun dan jeruk nipis. Buah ini berasal dari sub-sahara Afrika. Karena kaya kandungan air, di gurun pasir Kalahari, kiwano sering dimanfaatkan sebagai sumber air minum saat musim kering.

3. Feijoa


Anda bisa jadi mengira bahwa buah seukuran butir telur ini adalah jambu. Ya, bentuknya memang mirip jika dilihat dari kulit luar. Tapi ketika dibelah, feijoa memiliki daging buah berwarna kuning dan teksturnya seperti nanas. Julukan feijoa juga pineapple guava atau jambu nanas.

Feijoa berasal dari Brasil, Paraguay, dan Argentina. Sumber lain menyebutkan feijoa cukup terkenal di Selandia Baru. Cara menikmatinya cukup dibelah, kemudian disendok.

4. Tomatillo


Nama tomatillo artinya tomat berkulit. Meski begitu, si sumber vitamin C dan K ini sama sekali tidak bersaudara dengan tomat. Tomatillo justru bersaudara dengan buah ciplukan.

Di negara asalnya, Meksiko, tomatillo biasa dipanggang mentah, atau dijadikan bahan dasar untuk membuat saos salsa, saos khas Meksiko.

5. Pepino


Timun manis adalah nama lain untuk buah ini. Tapi ia tidak ada kaitan dengan timun. Saudara bagi pepino justru buah terung. Kulit luarnya berwarna kuning dengan garis-garis ungu.

Pepino sangat padat antioksidan, sehingga dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh. Di Tiongkok, pepino digunakan untuk mengobati sariawan. Sedangkan orang-orang Amerika memanfaatkan pepino sebagai obat.

Nah, buah unik mana yang paling membuat Anda penasaran?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya