Sepele tapi Bisa Fatal, 10 Kesalahan Memasak yang Sering Dilakukan

Ilustrasi memasak nasi.
Sumber :
  • Pixabay/Pexel

VIVA – Koki-koki populer serta ahli masak di seluruh dunia sering mengatakan, sangat penting untuk tidak mengabaikan cara memasak yang benar. Ini karena, satu kesalahan kecil yang dilakukan saat memasak bisa membuat seluruh hidangan menjadi rusak dan tidak enak untuk dinikmati. 

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Mungkin kamu tidak akan menyadari adanya perubahan rasa ketika melakukan kesalahan saat memasak. Namun, kesalahan dalam teknik memasak atau penggunaan bahan masak yang terlalu berlebihan bisa mengubah rasa makanan menjadi sesuatu yang tidak layak untuk dimakan. Bahkan parahnya, kesalahan dalam memasak ternyata bisa menjadikan makanan justru berdampak buruk bagi kesehatan lho, Gengs.

Ada beberapa jenis bahan makanan yang jika salah mengolahnya, hanya akan menghasilkan makanan yang tidak layak dikonsumsi. Hmm, kira-kira apa saja ya jenis makanan tersebut? Yuk, cari tahu agar kamu tidak melakukan kesalahan lagi saat memasaknya!

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

1. Nasi

Memasak nasi bagi orang Indonesia adalah kemampuan dasar memasak yang harus dikuasai. Tetapi ada kalanya masih ditemui kesalahan saat memasak nasi. Misalnya, setelah memasak nasi jangan dibiarkan terbuka tanpa penutup. Mungkin tujuan Kamu tidak menutup nasi untuk mendinginkan. Tetapi nasi yang dibiarkan terbuka rentan terpapar debu atau lalat dan pada akhirnya mendatangkan dampak buruk bagi kesehatan.

dr. Zaidul Akbar: Begini Cara Mengolah Daging yang Sehat

Bayangkan saja, binatang lalat yang hinggap di nasi akan meninggalkan bakteri penyebab penyakit seperti sakit perut dan masalah pencernaan lain. Untuk mencegah hal ini, kamu sebaiknya menyimpan nasi yang telah matang dalam wadah tertutup setiap kali setelah memasaknya.

 BACA SELENGKAPNYA

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024