3 Cara Mengetahui Kualitas Minyak Zaitun Extra Virgin

Minyak zaitun.
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA – Bicara tentang minyak zaitun, tentu saja ada banyak jenisnya di pasaran. Tapi bagaimana cara mengetahui kualitas minyak zaitun mana yang baik tentu tidak mudah. Hal ini karena tidak semua minyak zaitun sama, bahkan di antara jenis minyak zaitun extra virgin tetap ada yang beda kualitasnya.

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

Ada banyak indikator untuk menentukan kualitas extra virgin, dan biasanya hal ini hanya bisa diketahui oleh pakar. Namun untuk orang awam, ada beberapa faktor penting yang bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas minyak zaitun extra virgin yang baik, yaitu melalui aroma dan rasa. Dari leaflet Bertolli, berikut ini tiga cara mudah mengetahuinya.

Aroma

5 Cara Usir Setan dari Rumah Menurut Ajaran Islam

Evaluasi pertama adalah indra penciuman. Indera ini bisa menimbulkan persepsi positif dan negatif perihal aroma minyak zaitun. Minyak zaitun yang baik memiliki aroma buah-buahan atau tumbuh-tumbuhan, seperti tomat, tanaman herbal, dan almond. Minyak zaitun yang buruk memiliki aroma yang tidak segar atau asam.

Rasa

Jangan Dihindari! Lemak Baik Bisa Turunkan Kolesterol Jahat, Segini Batas Konsumsinya

Minyak zaitun extra virgin berkualitas baik memiliki rasa yang sedikit pahit dan pedas di tenggorokan.

Warna

Warna bukan merupakan indikasi kualitas dari minyak zaitun extra virgin. Pada kenyataannya, rasa, aroma, dan warna minyak zaitun extra virgin tergantung dari varietas pohon zaitun, letak geografis dan iklim. Sama seperti pada anggur untuk wine.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya