Permen Karet Ternyata Mengandung Plastik, Lho

Ilustrasi permen karet.
Sumber :
  • Pixabay/giesje

VIVA – Permen karet merupakan salah satu jenis permen yang paling populer di dunia. Selain rasanya yang lezat, sensasi mengunyah permen karet disukai banyak orang, apalagi mereka yang sedang berusaha berhenti merokok.

Fokus Gencarkan Daur Ulang Sampah

Ada pula jenis permen karet yang khusus untuk menyegarkan mulut, mencegah bau mulut dan bahkan diklaim mampu memutihkan serta menyehatkan gigi.

Namun, tahukah Anda bahwa permen karet ternyata mengandung plastik, lho. Apa alasannya?

Apparel Ramah Lingkungan Racikan Alva Hadir di IIMS 2024

Dilansir dari laman Metro.co.uk, Kamis 2 Agustus 2018, sejarah permen karet bermula dari kebiasaan orang Yunani Kuno, Aztec, dan Suku Maya menikmati getah pohon karet. Permen karet komersil baru dibuat pada tahun 1948.

Karena permintaan pasar akan permen karet terus meningkat, maka banyak produsen mengganti getah pohon karet dengan karet sintetis, polimer. Ini adalah produk plastik yang terbuat dari minyak, seperti produk sintetis yang digunakan untuk membuat ban mobil.

Produk Baru di IIMS 2024 Ini Bisa Jaga Tampilan Kendaraan

Lalu, apakah Anda menelan sedikit plastik jika Anda mengunyah permen karet?

Perlu diketahui bahwa tiga bahan utama yang digunakan untuk membuat permen karet adalah resin, lilin dan elastomer (plastik). Resin membuat permen karet enak dikunyah, lilin membantu melembutkan permen karet dan elastomer memberikan kekenyalan dan elastisitas.

Rasa permen karet sendiri berasal dari pemanis buatan dan sugar alcohol. Pemanis intensif sering ditambahkan untuk menunda pelepasan rasa.

Jadi, selama Anda tidak menelan permen karet utuh, Anda tidak akan menelan plastik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya