Jangan Cuci 5 Makanan Ini Sebelum Dimasak

Daging ayam.
Sumber :
  • Pixabay/RitaE

VIVA – Anda terbiasa mencuci daging ayam, ikan dan sapi sebelum memasaknya? Jika ya, mungkin ini saatnya Anda menghentikan kebiasaan tersebut. Mengapa?

Daftar Harga Pangan 5 April 2024: Cabai dan Telur Ayam Naik Jelang Lebaran

Mencuci daging dan beberapa jenis makanan tidak akan menghilangkan bakteri atau patogen yang menempel di permukaannya. Tak hanya itu, mencuci makanan-makanan tersebut juga bisa meningkatkan risiko kontaminasi silang.

Jadi, jika Anda pikir Anda akan menghilangkan bakteri dengan mencuci makanan-makanan itu sebelum memasaknya, coba pikir lagi.

Daftar Harga Pangan 28 Maret 2024: Bawang Merah, Cabai hingga Daging Sapi Naik Lagi

Berikut adalah lima makanan yang tak boleh Anda cuci sebelum dimasak, dilansir dari Reader’s Digest, Kamis, 2 Agustus 2018.

1. Daging unggas dan ikan

Daftar Harga Pangan 25 Maret 2024: Beras Premium hingga Telur Ayam Naik

"Mencuci daging ikan mentah di wastafel dapur akan meningkatkan risiko kontaminasi bakteri ke seluruh bagian dapur dari cipratan dan tetesan air, termasuk permukaan-permukaan bersih seperti bagian meja dapur," ujar Eric Sieden, director of nutrition and food services di Glen Cove, Plainview and Syosset Hospitals di New York, Amerika Serikat.

Jadi cara terbaik yang paling efektif untuk menghilangkan bakteri pada daging unggas dan ikan adalah dengan memasaknya.

2. Daging merah

Hal yang sama juga berlaku pada daging merah. Ditambah lagi, dengan mencuci daging merah, Anda membuatnya menjadi lembap, sehingga saat dimasak air pada daging akan menjadi uap yang kemudian mampu merusak cita rasanya.

3. Sayur dan buah yang sudah dicuci

Jika Anda berbelanja di supermarket, biasanya ada produk sayur dan buah yang sebelum dikemas sudah dicuci pihak supermarket atau produsen. Begitu pula dengan produk salad supermarket. Jadi Anda tak perlu buang-buang air, waktu dan tenaga untuk mencucinya lagi di rumah.

4. Jamur

Seperti daging, cita rasa dan konsistensi jamur bisa berubah jika terkena kontak dengan air terlalu lama. Untuk itu, cukup lap jamur Anda sampai kering dengan lap bersih atau tisu dapur.

5. Pasta

Pasta jarang sekali membuat pemakannya sakit. Tapi ada alasan lain untuk tidak membilas pasta dengan air keran setelah selesai direbus.

Membilas pasta yang sudah matang akan menghilangkan pati yang menempel di permukaannya sehingga saat dicampur dengan sausnya, saus tersebut tidak akan menempel pada pasta. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya