Tergiur Kesegaran Soto Ayam Lamongan Cak Har Surabaya

Soto Ayam Lamongan Cak Har
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

VIVA – Jalan-jalan tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Jika Anda berkunjung ke Surabaya, sejumlah makanan lezat, siap memanjakan lidah dan perut Anda. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah mencicip Soto Lamongan, Cak Har.

Resep Soto Ayam Lamongan, Pakai Tambahan Koya Dijamin Makin Lezat

Terletak di jalan Arief Rahman Hakim, Keputih Surabaya, soto ini begitu ramai dikunjungi terutama di jam makan siang. Siang ini, 8 Agustus 2018, VIVA pun berkesempatan untuk menikmati lezatnya soto ayam legendaris ini.

Begitu datang, kesan pertama yang terasa adalah tempat yang begitu luas dibanding dengan warung soto lainnya. Tidak hanya itu, tempat ini juga begitu rindang lantaran pohon yang berada di depan warung ini.

Menjajal Menu Spesial Imlek di Restoran Surabaya, The G Flavours

Begitu tiba dan duduk, kami pun diberikan beberapa pilihan soto untuk disantap. Mulai dari soto dengan isian daging ayam, soto dengan isian kulit ayam, soto jeroan atau soto campur. Untuk menu makan siang, saya pun memilih soto campur daging ayam dan kulit ayam.

Soto Ayam Lamongan Cak Har

5 Resep Soto Ayam Khas Indonesia dari Seluruh Daerah

Tidak lama berselang, soto yang dipesan pun datang. Aroma kaldu ayam langsung tercium ketika hidangan datang, disajikan di atas meja makan dengan semangkuk nasi hangat.

Berbeda dengan soto lainnya, tampilan Soto Ayam Cak Har ini memiliki kuah kuning dan kental. Salah seorang pramusaji, Hasan kepada VIVA menjelaskan bahwa warna kuning ini berasal dari kunyit dan kemiri yang membuat kuah soto kental.

Untuk isiannya, dalam semangkuk soto ini berisi daging ayam suir, kulit ayam, mi soun, dan daun seledri. Dan yang tidak boleh ketinggalan adalah koya soto yang membuat kuah soto menjadi lebih becita rasa.

Spesialnya, di tempat makan ini, koya pun disediakan dalam wadah tersendiri sehingga Anda bisa menambahkannya sesuai selera. Tidak sampai di situ, untuk menambah segar jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis yang telah disediakan.

Soto Ayam Lamongan Cak Har

"Untuk rasa kuah sotonya begitu segar dan begitu gurih karena tambahan bubuk koya. Aroma kunyit dan kemirinya pun cukup terasa. Kuahnya pun tidak membuat eneg," kata salah satu penikmat Soto Ayam Lamongan Cak Har.

"Meski berisi suiran ayam kampung, namun tekstur dagingnya tetap empuk tidak alot," kata pengunjung lainnya.

Untuk menikmati seporsi soto ayam dan nasi ini, Anda cukup membayar Rp21 ribu. Soto Ayam Lamongan Cak Har ini, buka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 02.00 dini hari.

Soto Ayam Lamongan Cak Har

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya