Kudapan dan Minuman Khas Tanah Rencong Wajib Coba

Rujak Aceh
Sumber :
  • Cookpad

VIVA – Provinsi paling barat Indonesia, Aceh memiliki berbagai macam kebudayaan dan tempat wisata yang tak dijumpai di daerah manapun. Tak hanya itu, kudapan dan minuman khas Tanah Rencong tersebut mampu memanjakan lidah dan perut Anda.

Resep Kue Memek, Makanan Khas Aceh yang Menjadi Warisan Budaya

Berbagai jenis olahan daging dan kue-kue tradisional patut Anda cicipi. Di Jakarta, Anda bisa langsung mendatangi kios dan restoran yang menjajakan makanan khas Aceh seperti, mi Aceh, nasi goreng Aceh, martabak Aceh dan ayam tangkap khas Aceh.

Selain makanan-makanan yang disebutkan di atas, Anda harus tahu makanan dan minuman berikut ini tak kalah menggugah selera kita. Berikut daftar makanan dan minuman khas Aceh.

Fakta Unik Memek, Makanan Khas Simeulue yang Melegenda

1. Rujak Aceh

Hampir sama dengan rujak pada umumnya yang menggunakan bahan baku berbagai macam jenis buah, seperti bengkuang, ubi jalar, belimbing, mangga muda, timun, kuwini, jambu air, nanas dan buah lainnya sesuai selera. Rujak Aceh memiliki bumbu khas yang membuat Anda ketagihan.

Kopi Sanger Durian Khas Aceh, Aroma dan Rasanya Mantap Jiwa

Cara penyajiannya cukup unik, seluruh buah di parut panjang lalu bumbu rujak yang pedas diaduk menjadi satu dan merata. Kudapan tersebut cocok dimakan di siang hari.

2. Kue Timpan

Olahan pisang disulap menjadi kue tradisional yang membuat lidah Anda menari. Kue Timpan yang terbuat dari berbahan dasar pisang, tepung ketan, telur, santan ini sekilas memang mirip dengan kue tradisional yang kita temui di beberapa daerah di Indonesia.

Yang membuat beda kue Timpan ini adalah bagian dalamnya menggunakan parutan kelapa dan buah nangka. Kue Timpan yang berbentuk lonjong itu di bagian luarnya dibungkus dengan daun pisang muda.

3. Sambal Ganja

Jangan khawatir, kudapan berikut ini bukanlah berbahan dasar ganja. Sambal ganja sendiri perpaduan dari udang, cabai, jeruk, serai dan belimbing wuluh. Mengapa disebut sambal ganja, jika Anda mencicipi sekali, maka Anda akan ketagihan.

4. Pacri Nanas

Pencuci mulut berbahan dasar nanas ini sangat digemari, perpaduan manis, asam, asin, pedas dan bumbu pilihan lainnya dapat Anda rasakan saat melahap Pacri nanas.

5. Sayur Pliek U

Sayur pliek u hampir sama dengan sayur lodeh. Yang membedakan hanya dari bahan-bahannya yaitu berbagai macam dedaunan, daun singkong, kangkung, gori, kacang panjang, belinjo, cempaka, kecombrang, jantung pisang. Untuk membuat nikmat sayur berkuah kuning itu diberikan udang.

6. Es Timun 

Minuman segar berbahan dasar mentimun ini sering kita jumpai di Jakarta. Rasa dan wangi mentimun yang khas menjadikan minuman tersebut banyak digemari oleh segala kalangan.

7. Kopi Gayo

Kopi gayo

Minuman khas Aceh ini sudah banyak dikenal di seluruh Indonesia. Anda bisa menikmati kenikmatan kopi tersebut di berbagai gerai kopi Jakarta.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya