Tips Awet Menyimpan Makanan di Lemari Es

Daging Beku
Sumber :
  • pixabay/meditations

VIVA – Seringkali kita menemukan makanan yang cepat membusuk di lemari es. Padahal, semestinya produk makanan bisa lebih awet jika disimpan dengan benar. Sebaliknya, jika tak memahami cara penyimpanan yang tepat, bahan makanan tersebut bisa cepat busuk dan tak bisa lagi dikonsumsi.

Bukan Muslim, Ini Alasan Bertrand Antolin Tetap Terlibat dalam Berkurban

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya memahami penempatan makanan yang ideal di lemari es. Idealnya lemari es harus berada di bawah suhu 4 derajat celcius atau lebih.

Bagian pintu lemari es merupakan area yang paling hangat dikarenakan kondisinya yang selalu membuka-tutup tiap saat. Tempatkan produk yang tahan lama di sini seperti saus sambal, saus kedelai, mustard, jus, dan sebagainya.

Viral Daging Kurban Dimasak Jadi Steak, Alhasil Alot: Kaya Sendal Jepit

Rak bagian atas lemari es memiliki suhu yang konsisten. Gunakan itu untuk penempatan produk susu, makanan olahan yang siap dimakan, atau sisa makanan semalam. Di rak atas ini, sayuran hijau juga bisa ditempatkan dengan menggunakan wadah berisi air.

Kemudian, rak bagian bawah ternyata baik untuk menempatkan telur. Jangan terkecoh dengan bentuk bulatan seperti telur di pintu lemari es. Di rak bagian bawah ini, merupakan suhu terdingin di lemari es, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk telur.

Polemik Hewan Kurban Bergejolak, Rumah Dewi Perssik Digeruduk Warga

Tak hanya telur, daging dan ikan olahan juga disarankan ditempatkan di rak bawah. Namun, untuk daging dan ikan mentah, tempatkan dalam rak kecil tepat di bagian teratas rak.

Sebab, bagian bawah rak tersebut sebenarnya sangat rapat dengan koil lemari es, menjadikannya salah satu titik terdingin. Jika Anda tak memiliki rak khusus daging ini, coba tetap mengenakan plastik bening, lalu simpan di rak yang paling bawah.
 

Ilustrasi demam.

10 Gejala Antraks pada Manusia yang Memakan Korban di Gunungkidul

Antraks sendiri adalah penyakit serius yang disebabkan oleh bakteri Bacillus anthracis dan dapat menginfeksi manusia melalui paparan spora antraks. Berikut ini gejalanya.

img_title
VIVA.co.id
6 Juli 2023